Sekolah Grasstrack Pertama di Kalbar

Sekolah Grasstrack Pertama di Kalbar

  Selasa, 17 April 2018 11:00
SERAH TUMPENG: Perwakilan Bank Kalbar didampingi Ketua KONI Ketapang Fadli Atif menyerahkan potongan tumpeng kepada pemilik Gerri MX School, Iin Solinar. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Iin Solinar Dirikan Gerri MX School Ketapang 

Lebih dari 70 crosser dari berbagai daerah mengikuti kejuaran BRSO Gerri MX Team Championship. Kejuaraan yang digelar pada 14 – 15 April ini berlangsung di Sirkuit Gerri MX School di Desa Sungai Kinjil Kecamatan Benua Kayong.

PENANGGUNG jawab kegiatan, Iin Solinar, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kejuaraan grasstrack, untuk meningkatkan dan mengasah kemampuan para crosser Ketapang. "Kita apresiasi kegiatan ini banyak mendapatkan dukungan dan pesertanya juga banyak," katanya, kemarin (15/4).

Dia menjelaskan, grasstrack yang juga menjadi rangkaian HUT Bank Kalbar ke-54 tahun ini juga sebuah promosi dan pengenalan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Ketapang, bahwa grasstrack banyak diminati oleh anak-anak Ketapang. "Ini terlihat dari jumlah pesertanya. Bahkan untuk kelas pemula saja banyak pesertanya," jelasnya.

Pada kejuaraan ini, panitia memperlombakan 15 kelas. "Tak hanya dari Ketapang, peserta dari luar Ketapang juga banyak. Dari Landak, Singkawang, Pontianak, bahkan ada dari Kalteng dan Jogja. Jadi, ini menjadi ajang untuk asah kemampuan para crosser Ketapang. Jangan mau kalah sama crosser luar," ungkapnya.

Selain akan rutin menggelar kejuaraan grasstrack di Ketapang, Iin juga telah membuka sekolah grasstrack, Gerri MX School. Sekolah crosser ini dipastikan dia merupakan yang pertama di Kalbar yang terletak di Ketapang. Sekolah ini dipastikan dia juga terbuka untuk siapa saja yang ingin mengembangkan bakat balapnya. "Silakan, terbuka untuk siapa saja dari usia 5 sampai 20 tahun," ujar Iin yang merupakan pemilik sekolah tersebut.

Di sekolah ini mereka juga mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang. Mulai dari sirkuit, kolam renang, dan alat-alat untuk olahraga fisik juga sudah dipersiapkan. Bahkan mereka juga akan mendirikan penginapan untuk crosser yang berasal dari luar Ketapang.

Mantan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalbar ini menambahkan, saat ini balapan grasstrack banyak diminati, termasuk dari Ketapang. Meski di Ketapang bukan hal yang baru, diakui dia, untuk mengembangkan olahraga ini perlu latihan dan bimbingan khusus. Untuk mendapatkannya, menurut dia, harus ada sekolah khusus untuk mengembangkan bakat yang sudah ada. Oleh karena itu, banyaknya peminat olahraga ini membuatnya tergerak untuk mendirikan sekolah grasstrack di Ketapang. "Jika sudah ada sekolah, bakat-bakat yang sudah ada bisa kembangkan dan disalurkan. Tentunya bukan di jalan raya, tapi di sirkuit. Tentunya juga mereka mendapatkan pelajaran teori dan praktiknya oleh ahlinya," ujarnya.

Untuk mendidik para calon crosser, pihaknya juga akan mendatangkan mantan crosser kenamaan dari Pulau Jawa. Nantinya, para pelatih itu yang diharapkan dia, akan membimbing peserta didik selama berada di sekolah tersebut. "Kita berharap para crosser Ketapang bisa mengembangkan bakat di tempat yang telah ada. Serta mampu membawa harum nama Ketapang di tingkat nasional," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait