Sekolah di Sintang Bisa Wakili Lomba Sekolah Sehat

Sekolah di Sintang Bisa Wakili Lomba Sekolah Sehat

  Selasa, 16 Oktober 2018 09:40
SAMBUTAN: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Sintang saat memberikan sambutan dalam kegiatan lomba penilaian sekolah sehat tingkat Provinsi, kemarin.

Berita Terkait

SINTANG-Lomba penilaian sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Aula SMK Kartini, Jalan W.R Supratman Sintang, resmi dibuka, Senin (15/10). Digelarnya lomba ini bertujuan untuk mensinergikan antara sektor pendidikan dengan sektor kesehatan.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Henri Harahap yang membuka kegiatan tersebut mengatakan mengatakan, kegiatan lomba penilaian sekolah sehat ini merupakan salah satu program yang mensinergikan antara sektor pendidikan dengan sektor kesehatan, “Saya kira ini sangat penting karena bertujuan meningkatkan kemampuan dan kebiasaan hidup sehat anak usia sekolah dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya, dan juga dengan sekolah sehat ini juga dapat membantu Pemerintah dlaam menurunkan angka kesakitan anak sekolah,” jelasnya. 
Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan komponen visi pembangunan daerah Kabupaten Sintang, yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas dan sehat. Karena itulah, pemkab memandang perlu dilaksanakannya kegiatan tersebut, guna mendorong kebiasaan hidup sehat bagi anak-anak.
“Saya berharap kepada tim juri lomba untuk dapat bekerja secara profesional, lihatlah dengan cermat semua aspek dan kriteria penilaian lomba ini kepada locus lomba yang ada, sehingga penilaian yang objektif dapat ditegakkan,” harapnya.
Sementara itu, Ketua Tim Penilai Sekolah Sehat, sekaligus juga Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Bartolomeus menjelaskan soal gelaran lomba penilaian sekolah sehat selama di Kabupaten Sintang. Dia menyebut bahwa, tim penilai sekolah sehat pada hari itu, juga telah melakukan penilaian sekolah sehat untuk di tingkat Taman Kanak-Kanak.
“Sasaran yang kami tuju adalah TK Bhayangkari Sintang dan untuk tingkat menengah ke atas sasaran kami adalah SMK Kartini Sintang. Kemudian kami dari tim penilai setelah dari Kabupaten Sintang akan bertolak menuju ke Kabupaten Melawi untuk melakukan penilaian sekolah sehatm” bebernya.
Dia memaparkan bahwa tim penilai dari Provinsi Kalimantan Barat membawa beberapa orang yang terdiri dari beberapa dinas instansi terkait dengan sekolah sehat. Terdapat lima orang tim penilai dari provinsi, yakni terdiri dari utusan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Dinas Kesehatan Kalbar, Kemenag Kalbar, Biro Kesra Kalbar, dan PKK Kalbar.
Selain memberikan apresiasi atas dukungan Pemkab Sintang, Bartolomeus berharap Sintang bisa menjadi juara sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Bahkan tidak menutup kemungkinan lolos hingga ke tingkat nasional. Dia juga berharap ke depan, ad sekolah-sekolah yang dijadikan acuan sebagai sekolah sehat. Hal itu dilakukan untuk dapat memberikan dorongan agar sekolah-sekolah yang menjadi sasaran sekolah sehat dapat berubah secara signifikan. (sti)

Berita Terkait