Sekda: Jadilah Polisi Bagi Diri Sendiri

Sekda: Jadilah Polisi Bagi Diri Sendiri

  Kamis, 23 May 2019 11:02
SERAHKAN BANTUAN: Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Farhan, menyerahkan bantuan untuk Masjid Faturrahman Desa Pesaguan Kiri, Kecamatan Matan Hilir Selatan, dalam safari Ramadan, Selasa (21/5).

Berita Terkait

Safari Ramadan Pemkab Ketapang ke MHS

PESAGUAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang Farhan berpesan agar masyarkat mampu menjadi polisi bagi diri sendiri dalam menciptakan rasa aman. Pesan tersebut disampaikan Sekda saat memimpin Safari Ramadan Pemerintah Daerah (Pemda) Ketapang di Desa Pesaguan Kiri, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Selasa (21/5).

"Jumlah pihak kemanan seperti polisi dan tentara jumlahnya sangat terbatas dan tak sebanding dengan jumlah penduduk Ketapang," ujar Sekda dalam kegiatan yang berlangsung di Masjid Faturrahman Pesaguan Kiri tersebut. Dia menegaskan agar masyarakat menjadi pemeran utama dalam menjaga keamanan di daerah masing-masing. 

Pascapemilu ini, Farhan juga berharap kepada masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Dia berpesan agar jangan sampai terpancing kepada isu yang menyesatkan. Masyarakat juga diminta dua untuk bijak dalam menggunakan media sosial. “Setiap informasi yang diterima jangan ditelan mentah-mentah dan harus diteliti kebenarannya,” pesan dia.

Dalam Safari Ramadan tersebut, Sekda didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemda Ketapang. Acara silaturahmi Ramadan ini sendiri akan digelar di seluruh kecamatan di Ketapang. Beberapa kecamatan sudah disambangi oleh Pemda Ketapang, baik yang dipimpin oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan Asisten Setda. Safari Ramadan ini rutin digelar oleh Pemda Ketapang, guna menjalin dan mempererat silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat.

Safari atau silaturahmi Ramadan tersebut dibarengi juga dengan penyerahan bantuan berupa peralatan ke masjid dan surau. Untuk di Desa Pesaguan Kiri, Pemda menyerahkan bantuan berupa pengeras suara (sound system) senilai Rp10 juta, yang diserahkan Sekda dan diterima langsung  Ketua Pengurus Masjid Faturrahman, Salihin 

Sekda mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan oleh Pemda Ketapang ini sangat terbatas jumlahnya. Bantuan tersebut, menurut dia, sifatnya hanya perangsang saja, sesuai kemampuan keuangan Pemdan Ketapang. "Jangan dinilai dari besar kecilnya bantuan, tapi itulah kepedulian yang mendalam Pemda Ketapang," kata Farhan.

Terkait usulan yang disampaikan oleh sejumlah rumah ibadah kepada Pemda, Farhan mengarahkan agar hendaknya diusulkan seawal mungkin. Sehingga, harapan dia, dapat terakumodir dengan baik sesuai e-Hibah. "Pihak kecamatan agar mendampingi sebagai perpanjang tanganan Pemda Ketapang di kecamatan," pintanya.

Mantan Kepala Bappeda Ketapang tersebut berharap kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Islam, agar di bulan suci Ramadan ini diisi dengan amal ibadah menuju ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, termasuk puasa, membayar zakat fitrah, berinfak, dan sedekah. "Perbanyak amal ibadah selama bulan Ramadan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, hadir para anggota Forkompinda, Muspika Kecamatan Matan Hilir Selatan, Camat Matan Hilir Selatan Adewi, para kepala OPD Pemda Ketapang, dan sejumlah jemaah Masjid Faturrahman. (afi)

Berita Terkait