Sekda Ingatkan CPNS Serius Ikuti Pelatihan

Sekda Ingatkan CPNS Serius Ikuti Pelatihan

  Jumat, 26 April 2019 10:37
PELATIHAN DASAR: Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro membuka pelatihan dasar CPNS golongan III gelombang 1 di Gedung Pelatihan BKPSDM yang beralamat di Jalan BLKI Gang Sosial Sakok, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis. ISTIMEWA

Berita Terkait

SEKRETARIS Daerah Kota Singkawang, Sumastro membuka pelatihan dasar CPNS golongan III gelombang 1 di Gedung Pelatihan BKPSDM yang beralamat di Jalan BLKI Gang Sosial Sakok, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis.

“Dalam rangka memasuki dunia kerja, baik itu dibidang privat maupun di pemerintahan selalu ada peraturan dan ketentuan yang mengikat pekerja/pegawai. Hal ini diperlukan karena setiap organisasi mempunyai visi, misi, tujuan, sasaran, sistem, prosedur dan lain-lain,” ungkap Sumastro dihadapan puluhan peserta pelatihan dasar CPNS.

Menurutnya, para peserta yang hadir adalah merupakan calon pekerja di pemerintahan disebut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimana statusnya masih menjalani masa percobaan (80%). “Artinya ada hak-hak kepegawaian saudara hanya diberikan 80% seperti gaji pokok,” ujarnya. Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2019 bahwa gaji pokok PNS Gol III/a dengan masa kerja 0 tahun Rp2.579.400, maka saudara hanya menerima 80% saja yaitu Rp2.063.520.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS bahwa masa percobaan/masa prajabatan hanya selama 1 tahun yang sebelumnya 2 tahun. “Untuk masa prajabatan ini harus melalui pelatihan dasar CPNS yang hanya dapat diikuti satu kali saja,” ungkapnya.

Jika pada pelaksanaan pelatihan dasar CPNS ini saudara dinyatakan tidak lulus, maka saudara diberhentikan dari CPNS dan tidak bisa diangkat menjadi PNS. “Sebab itu, ikuti pelatihan dasar CPNS ini dengan sungguh-sungguh. Karena ini merupakan sebuah progres yang mau tidak mau, suka atau tidak suka, namun wajib diikuti oleh setiap CPNS sebagai salah satu persyaratan untuk bisa diangkat menjadi PNS,” jelasnya. 

Menurutnya, pelatihan dasar yang diberikan kepada CPNS sebelum ditingkatkan statusnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), perlu ditingkatkan kompetensinya secara terintegrasi yang berkenaan dengan peningkatan pengetahuan (knowledge), keahlian/keterampilan (skill) dan sikap perilaku (attitude) sehingga menjadi PNS pelayan masyarakat yang profesional dan dapat diukur kemampuannya.

Secara terpisah, Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan, pelatihan dasar CPNS memang sangat perlu supaya setiap CPNS mengetahui betul akan tupoksinya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. “Yang terpenting dan paling mendasar seorang pekerja, memangg perilaku, kesopanan, etika dan kedisiplinan. Karena ini berkaitan dengan karakter yang akan dibawa,” katanya.

Nilai-nilai ini penting, karena CPNS adalah pelayan dan pengabdi bagi masyarakat dan negara. “Disitu dibutuhkan ketulusan dan jiwa yang kuat. Disamping itu bukan tempat menjadi kaya, karena kalau mau kaya tidak cocok tempatnya. Yang cocok itu adalah berwiraswasta atau jadi entrepreneur,” ujarnya. (har)

Berita Terkait