Sekadau Bakal Miliki TPU Lintas Agama

Sekadau Bakal Miliki TPU Lintas Agama

  Jumat, 21 July 2017 10:00
FOTO BERSAMA : Sejumlah Tokoh Lintas Agama dan Pemkab Sekadau foto bersama usai kegiatan. SUGENG/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Edy Hibahkan Lahan pada Pemkab Sekadau

SEKADAU – Silaturahmi masyarakat dan pemerintah daerah sekaligus penyerahan hibah lahan untuk tempat pemakaman umum (TPU) Kabupaten Sekadau, di Vinca Borneo, Senin (17/7) malam. Lahan TPU yang dinamai taman bahagia Bhinneka Tunggal Ika itu diserahkan langsung kepada Pemkab Sekadau yang berada di Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir.

 Pj Sekda Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi masyarakat yang telah mewakafkan tanah untuk tempat pemakaman tersebut. Apalagi lahan tersebut untuk enam agama yang ada di Kabupaten Sekadau.

 Andrianto mengatakan, secara teknis nanti akan diatur sedemikian rupa. Ia mengatakan, dengan adanya taman bahagia Bhinneka Tunggal Ika itu menjadi pemacu semakin terciptanya kerukunan dan persatuan serta kesatuan masyarakat di Kabupaten Sekadau.

 Sementara itu, Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalbar, Jakiyus Sinyor mengatakan, masalah tanah tersebut harus hati-hati sehingga tidak terjadi masalah dikemudian hari. Walaupun, kata dia, berangkat dari niat yang baik namun harus dilakukan sesuai dengan aturan.

 “Harapannya tentu kedepan jangan sampai ada masalah. TPU itu diperuntukan bagi enam agama yang ada di Kabupaten Sekadau, secara teknis nanti diatur seperti apa,” katanya singkat.

 Terpisah, Ketua Umum DAD Kabupaten Sekadau terpilih, Welbertus Willy juga menyambut baik dan mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya, semua hibah tersebut sifatnya baik, masyarakat pun terbantu dengan adanya lahan untuk TPU.

 “Kita mengucapkan ribuan terimakasih kepada pihak pemberi hibah Edy Chandra yang juga sebagai pengusaha sukses di Sekadau. Mudah-mudah langkah seperti ini atau hibah-hibah lainnya diikuti oleh masyarakat Sekadau lainnya,” ucapnya.

 “Kami minta kepada pihak terkait untuk mengkaji bagaimana nantinya. Kita juga berharap, dengan adanya hibah ini jangan sampai ada masalah dikemudian hari, kita tidak ingin terjadi hal-hal seperti itu,” harapnya.

 Edy Chandra menyampaikan penyerahan lahan TPU lintas agama di Kabupaten Sekadau. Keluarganya jauh-jauh sebelumnya telah berniat menghibahkan lahan tersebut. “Setelah melalui proses yang panjang, baru kali ini kami laksanakan penyerahan lahan tersebut,” kata Achung, sapaan karib Edy Chandra.

 Lahan yang dihibahkan tersebut sudah legal formal melalui dokumen-dokumen yang ada. “Kami melihat hingga saat ini masih jarang ditemukan komplek pemakaman lintas agama dalam satu komplek. Mudah-mudahan pemkab dapat merapikan lahan tersebut untuk mudah dikelola,” tuturnya.

 Hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Sekadau Andri Irawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Jeffray Raja Tugam, Sekjen MADN, Yakobus Kumis, Camat Sekadau Hilir Hermanto, Pabung Kodim 1204/Sanggau Mayor Inf Budi Sumarjono, Kapolsek dan Danramil Sekadau Hilir. Selain itu, hadir pula  Ketua Umum DAD Kabupaten Sekadau terpilih, Welbertus Willy, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Sekadau. (sgg/PK)

 

 

Berita Terkait