Seeing is Believing

Seeing is Believing

  Selasa, 22 March 2016 09:41

Berita Terkait

Berinteraksi dengan Tampilan Hologram lewat HoloLens

KALAU dengar kata hologram, apa yang ada di pikiran kalian? Pasti nggak jauh-jauh dari sosok Tony Stark dalam film Iron Man yang suka bikin penemuan lewat layar hologram canggihnya, kan? Eits, teknologi hologram sekarang nggak cuma jadi khayalan dalam film. Sebab, Microsoft telah siap menggebrak dunia lewat augmented reality bernama HoloLens. Yap, HoloLens merupakan headset dengan teknologi holographic computer.

Dengan teknologi tersebut, pemakainya bakal bisa melihat, mendengar, dan berinteraksi dengan gambar hologram multidimensi. Serunya, gambar itu seolah benar-benar berada di sekitar pemakainya. Preorder HoloLens Development Edition telah dimulai. Proses shipping dilakukan 30 Maret nanti. Harganya pun nggak murah, yakni USD 3.000. Well, meski unreachable, kita tetap bisa intip cara kerjanya loh! (techcrunch/microsoft/grc/c23/adn)

Spesifikasi Canggih
Meski bentuknya mirip dengan Samsung Gear VR atau virtual reality lainnya, cara kerja HoloLens berbeda. HoloLens nggak memerlukan perangkat tambahan seperti PC atau komputer. Sebab, sebuah HoloLens sudah terdiri atas device Windows 10, Microsoft Holographic Processing Unit (HPU), prosesor Intel 32 bit, serta inertial measurement unit (IMU). HoloLens juga dilengkapi dengan 2 megapiksel HD kamera, empat mikrofon, dan sensor. Karena tanpa kabel, HoloLens bisa digunakan secara fleksibel.

Gambar Hologram Nyata
HPU-lah yang akan mengolah data sensor HoloLens secara real time, lalu menampilkannya ke dalam bentuk gambar visual. Alhasil, pemakainya pun mampu melihat gambar hologram dengan resolusi 2,3 juta titik cahaya. ’’HoloLens memiliki lensa hologram tembus pandang yang menggunakan sistem proyeksi optik canggih yang menghasilkan multidimensi hologram penuh warna dengan latensi sangat rendah. Jadi, kamu bisa melihat objek hologram di sekitarmu,’’ jelas Alex Kipman, technical fellow, operating system Microsoft HoloLens, seperti dilansir dari Techcrunch. 

Fleksibel
HoloLens juga mampu mendeteksi gerakan dan arah pandangan pemakainya. Untuk bisa berinteraksi dengan tampilan hologramnya, Microsoft menyediakan sebuah clicker. Alat itu berteknologi air gesture. Dengan begitu, pengguna tinggal menggenggam clicker tersebut dan menggerakkan tangannya ke arah objek hologram. Selain itu, kita bisa memberikan perintah lewat mikrofon serta menangkap suara dari berbagai sudut dengan built-in speaker. Hingga saat ini, HoloLens kompatibel dengan beberapa aplikasi dan game. Di antaranya, Skype, HoloStudio, Actiongram Beta, HoloTour, RoboRaid, Young Conker, dan Fragment.

Berita Terkait