Sedapnya Jajanan Sekolah

Sedapnya Jajanan Sekolah

  Jumat, 2 September 2016 10:23

Berita Terkait

Jika masa SMA adalah masa yang paling indah dalam mengenal kisah cinta, maka masa SD adalah masa yang paling menyenangkan. Nggak hanya menyenangkan lewat beragam permainan tradisional nan khasnya atau kisah persahabatan yang untu-unyu. Tetapi juga jajanannya yang uenak tenan plus murah meriah. Sedikit flashback nih, buat anak sekolah tahun 90-an pasti familiar banget deh dengan jajanan seperti cimol, telur, pentol, kue laba-laba plus es mambo. Nyebutin dan ngebayanginnya aja udah sedap banget, yak! Pokoknya masa SD surganya jajanan, baik makanan maupun minuman deh. Meski telah berbeda era bahkan zaman, pendapatan uang saku hingga banyaknya tempat jajanan yang lebih berkelas.

Sedapnya ‘telur gulung’

Telur gulung emang makanan tersimpel yang dijual oleh mamang jajanan SD. Meski bisa dibuat sendiri di rumah, tapi rasanya cetakan dan cita rasa yang dijual mamang jauh lebih dirindukan. Inilah yang membuat Euis Alviolita rela menyempatkan diri untuk hijrah ke beberapa SD demi bisa memanjakan lidahnya ini. “Jadi zaman dulu aku masih sekolah di luar Pontianak, aku punya mamang hits yang jualan telur gulung. Biasanya sih aku bareng teman menyempatkan buat singgah. Spesialnya adonan telur gulung itu lebih enak  dan pas dari yang dijual mamang lainnya. Sayang sekarang udah nggak bisa nyicipin lagi,” ujar siswi SMA Islam Al Azhar Pontianak.

Enaknya si kenyal ‘cimol’

Hayo...tebak, jajanan apa yang terbuat dari tepung dibentuk bulat, lalu digoreng dan diberi bumbu bubuk yang memiliki varian rasa, seperti pedas manis, keju gurih bahkan barbeque merah? Yeay, this is cimol. Jajanan khas daerah Jawa Barat ini emang enak banget, apalagi jika dinikmati saat masih hangat. Kenyalnya cimol membuat Cahya Ayu Hariani kerap tertarik untuk singgah membeli di salah satu SD. “Cimol itu kenyal, rasanya enak, harganya murah. Duh pas banget deh buat jadi cemilan. Apalagi cimol langgananku ini memiliki rasa ikan yang terasa. Jadi puas banget pas nikmatinnya. Nggak heran rasanya jika jajanan SD seperti cimol amat difavoritkan, meski banyak jajanan lainnya yang lebih berkelas dan hits. Pokoknya pasti ketagihan, deh!!,” tutur mahasiswi IAIN Pontianak ini.

Lembut nan manis ‘jaring laba-laba’

Kue jaring laba-laba, dari namanya aja udah ketahuan banget kan guys bentuknya. Yups, bentuknya persis banget seperti jaring laba-laba. Kuenya yang lembut serta rasanya yang uenak tenan nan manis dengan tambahan gula dan kacang yang udah ditumbuk halus bisa menggugah selera siapa aja, termasuk juga menggugah lidah cowok berusia 17 tahun ini. “Jajanan SD itu buat aku bisa flashback ke masa-masa indah dulu. Kalau udah kangen biasanya aku hijrah ke depan SD ku dulu untuk membeli kue jaring laba-laba. Yah, biarpun nggak mengenyangkan, tapi makanan ini enak juga dijadikan cemilan. Apalagi harganya hanya kisaran Rp 500 hingga 2000,” cuap  cowok berusia 17 tahun ini.

Kenyal menyegarkan nutrijell stick

Makanan manis satu ini nggak hanya nyegerin mata saat melihatnya, tetapi juga nyegerin mulut. Bentuk dan warnyanya yang unyu serta rasanya yang nyummy membuat siapapun bakal jatuh hati dan segera ingin menyantap. Buat teman-teman yang kepingin makan ice tetapi langsung pecah di mulut, kamu bisa deh nyobain nutrijell stick makanan favorit Dicky Andika Putra ini. Selain murah meriah, nutrijell stick juga memiliki berbagai macam variasi rasa yang nggak ngebosenin. “Biasanya aku beli saat jam istirahat, soalnya selain rasanya enak, jelly juga amat baik buat proses pencernaan. Jadi selain jajan makanan lain, aku tetap membeli jelly stick ini,” ujar siswa SMP Muhammadiyah 1 Pontianak ini. Meski amat menyukai, doi juga tetap melihat kebersihan makanannya, lho. “Harga boleh murah, tetapi kualitas jelly-nya tetap harus bagus dan bersih ya, guys!” tutupnya. (ghe)

 

Berita Terkait