Sebarkan Virus Zona Integritas

Sebarkan Virus Zona Integritas

  Jumat, 19 April 2019 14:36
BEBAS KORUPSI: KPPN Pontianak melaksanakan Sharing Session Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di LPMP Kalimantan Barat. IST

Berita Terkait

KPPN Pontianak Sharing Sukses WBK

PONTIANAK—Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan bagian dari implementasi reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh pemerintah. 

Reformasi Birokrasi (RB) bagi jajaran instansi pemerintahan saat ini sudah menjadi kewajiban yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.

Saat ini semakin banyak institusi pemerintah yang berlomba-lomba mendeklarasikan kantornya sebagai zona integritas yang bebas dari korupsi.  Setiap tahun Kemenpan-RB memberikan sertifikat kepada institusi pemerintahan yang berhasil lulus evaluasi dalam pembangunan zona integritas. 

Untuk tahun 2018, di wilayah Kalimantan Barat, dari ribuan unit/institusi pemerintahan yang ada, hanya empat instansi yang berhasil mendapatkan sertifikat dan dinobatkan sebagai kantor dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), yaitu Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pontianak, KPPN Singkawang, Polresta Pontianak, dan Polres Singkawang. 

Sebagai salah satu institusi pemerintahan yang telah berhasil mendapatkan predikat WBK, KPPN Pontianak berusaha menyebarkan virus Zona Integritas dan mendorong institusi-institusi lain untuk mengikuti jejaknya. Selasa (16/4), KPPN Pontianak melakukan kegiatan sharing pengalaman dalam membangun Zona Integritas menuju WBK kepada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala LPMP Kalimantan Barat Aristo Kurniadi menyampaikan bahwa pada tahun 2018 LPMP Kalimantan Barat juga diajukan oleh Kemendikbud untuk mengikuti kegiatan penilaian guna mendapatkan predikat WBK, namun belum berhasil. 

Selanjutnya, pada tahun 2019 LPMP Kalimantan Barat akan kembali berjuang untuk dapat meraih predikat Zona Integritas menuju WBK. Aristo berharap dapat belajar dari KPPN Pontianak yang telah sukses mendapatkan predikat WBK di tahun 2018.

Di hadapan Kepala LPMP dan jajarannya, Kepala KPPN Pontianak Tri Ananto Putro menyampaikan pengalamannya dalam berjuang membangun KPPN Pontianak sehingga sukses meraih predikat WBK. Tri Ananto Putro menekankan pentingnya keterlibatan seluruh komponen pegawai yang ada untuk bersama-sama aktif memberikan kontribusi 

dalam pembangunan zona integritas. 

“Sekecil apapun peran yang dapat dilakukan, tetap harus diakomodir oleh pimpinan. Tidak boleh ada satupun unsur pegawai yang tidak terlibat dan tidak memberikan dukungan dalam upaya pembangunan zona integritas,” katanya. 

Dia melanjutkan, pimpinan harus dapat merangkul seluruh komponen pegawai yang ada agar semuanya dapat berpartisipasi aktif. Tantangan terberat dan membutuhkan kesabaran yang tinggi adalah merubah mindset pegawai untuk menjadi aparatur yang benar-benar mempunyai jiwa pelayan yang profesional dan berintegritas. 

“Tidak mudah menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih KKN, mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi, dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara,” katanya. 

Namun demikian, tidak ada yang tidak mungkin. Seluruh komponen pegawai dengan dipimpin oleh pimpinan institusi harus optimis dan bahu membahu untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Selain aspek sumber daya manusia, Tri Ananto Putro juga menekankan arti pentingnya sarana dan prasarana kantor yang benar-benar dapat merepresentasikan sebuah intitusi yang profesional dalam pelayanan, transparan dan berintegritas. 

Di akhir paparannya, Tri Ananto Putro menyampaikan harapan agar LPMP Kalimantan Barat berhasil membangun Zona Integritas dan mendapatkan predikat WBK di tahun 2019 ini. KPPN Pontianak akan senantiasa siap untuk berbagi pengalaman dan memberikan asistensi dengan institusi pemerintahan lainnya yang akan mengembangkan diri untuk menjadi institusi-institusi yang berpredikat WBK. (r/*)

Berita Terkait