SDN 09 Delta Pawan Ketapang Terapkan Full Day For Alquran

SDN 09 Delta Pawan Ketapang Terapkan Full Day For Alquran

  Minggu, 17 February 2019 09:32
ARAHAN: Kepsek SDN 09 Delta Pawan Muhammad Nur Hermaen, S.Pd., saat memberi arahan terhadap siswa.

Berita Terkait

CIPTAKAN SISWA AKHLAKUL QURANI

PEMAHAMAN pendidikan agama menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini. Seperti yang diterapkan oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 09 Delta Pawan Ketapang kepada para siswanya. Selain mengenyam pelajaran pada umumnya, siswa juga diberikan pembelajaran tentang agama secara mendalam. Diantarannya siswa diwajibkan belajar membaca Alquran, menghafal doa selamat, doa sesudah azan, doa salat duha, ayat kursi dan doa qunut.

Kepala SDN 09 Delta Pawan Ketapang Muhamad Nur Hermaen, S.Pd., mengatakan bahwa belajar membaca dan menghafal alquran serta menghafalkan doa-doa merupakan program dari SDN 09 Delta Pawan Ketapang yang bertujuan agar mereka bisa mencintai alquran dan mempunyai budi pekerti yang sesuai dengan alquran. Karena menurutnya, jangan sampai mereka yang masih berusia sangat muda waktunya hanya diisi dengan bermain game online. Mengingat pada saat ini kemajuan teknologi tidak bisa dihindari. Baik yang anak-anak maupun yang sudah dewasa. Sehingga dengan program tersebut, diharapkan anak-anak terbiasa membaca alquran baik di sekolah maupun di rumah. 

Hermaen yang juga Ketua PGRI Kabupaten Ketapang itu menjelaskan, untuk mencapai hasil maksimal dalam menerapkan program membaca alquran dan menghafal doa-doa pendek terhadap siswa sangat dibutuhkan kerjasama orang tua siswa dengan selalu mengawasi prilaku anaknya ketika berada di rumah. Karena ketika mereka ada di rumah, maka sudah menjadi tanggung jawab orang tua siswa untuk membimbing dan mengingatkan anaknya. Sehingga alangkah baiknya jika guru dan orang tua siswa saling bekerjasama dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya. Sehingga visi dan misi SDN 09 Delta Pawan Ketapang yang mengharapkan siswa mempunyai akhlakul qurani akan tercapai. "Saya berharap anak-anak menjadi anak soleh-soleha dan membanggakan guru dan kedua orang tuanya" harapnya.

Sementara itu, Diarahmah, S.Pd.I guru agama di SDN 09 Delta Pawan menjelaskan bahwa belajar dan menghafal alquran merupakan salah satu program khusus yang diterapkan kepada siswa. Mereka diwajibkan membaca alquran sebelum pelajaran dimulai. Selain membaca alquran, siswa juga diwajibkan setiap hari sebelum masuk kelas dibiasakan membaca doa selamat, doa sesudah zan, doa sesudah salat duha, ayat kursi dan doa qunut. Hal ini dilakukan agar anak-anak terbiasa dan supaya tidak mudah hilang hafalannya. 

Rencana kedepannya, setiap satu semester siswa SDN 09 Delta Pawan Ketapang akan menerapkan Full Day For Alqurani. Yaitu selama satu hari siswa akan diberikan materi tentang alquran. Mulai dari tajwid, makhorijul huruf dan pemahaman tentang isi kandungan alquran. "Semoga anak-anak mempunyai budi pekerti yang sesuai dengan Alquran" harapnya. (psn/*)

Berita Terkait