SDN 08 Siduk Dikepung Kebisingan

SDN 08 Siduk Dikepung Kebisingan

  Rabu, 13 March 2019 10:30
KONDISI SEKOLAH: Inilah kondisi SDN 08 Siduk yang berdiri di sekitar kawasan perdagangan serta berdekatan dengan ruas jalan nasional. ISTIMEWA

Berita Terkait

Kades Minta Pemindahan Disegerakan

 

SUKADANA – Kepala Desa (Kades) Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Rajali, melayangkan surat ke Bupati Kayong Utara terkait usulan pemindahan (relokasi) SDN 08 Siduk. Dalam surat Nomor 18/SPT-2019/PEM menyebutkan, kalau kondisi sekolah saat ini sudah kurang layak untuk aktivitas belajar mengajar dengan pertimbangan beberapa faktor. 

“Ya, sudah kita sampaikan surat resmi kepada Pak Bupati, supaya segera dipindahkan ke tempat yang lebih baik, agar kegiatan belajar mengajar di sekolah (SDN 08 Siduk) lebih layak dan aman,” jelas Sang Kades, Selasa (12/3) di Sukadana. 

Kades mengungkapkan, SDN 08 Siduk yang berada di sekitar kawasan pasar, terlalu dekat dengan jalan nasional. Bahkan, dia menambahkan, pada bagian belakang sekolah dekat dengan sungai, sehingga kurang aman bagi para siswa. “Sangat rawan keamanannya sebab kendaraan lalu lalang di jalan nasional, bahkan pernah terjadi siswa jatuh di sungai karena jarak sekolah dengan sungai terlalu dekat. Semoga pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Kayong Utara) dapat segera mengatasi ini,” pintanya.  

Kades juga mengungkapkan bahwa lahan untuk relokasi sudah tersedia dan diusulkan yang masih di Dusun Siduk. “Kita usulkan sekolahnya dialihkan ke lahan milik pemerintah juga, yang ada di Siduk. (Kondisi lahan) cukup luas dan sangat aman. Bupati juga sudah meninjau lokasi yang baru dan juga sudah melihat kondisi sekolah yang ada sekarang,” ungkapnya.  

Terpisah, Kepala SDN 08 Aiduk, Karmini, membenarkan kalau keadaan sekolah mereka saat ini kurang aman. Ketidakamanan tersebut, menurut dia, diakibatkan dekat dengan jalan nasional. Ditambah lagi, letak sekolah diakui dia, juga dekat dengan pasar, di mana banyak usaha pertokoan dan bengkel kendaraan, sehingga menimbulkan suara riuh. 

Karmini juga mengakui, kalau SDN 08 Siduk masih kurang beberapa gedung, namun sudah tidak ada lahan untuk mendirikan gedung baru. "Keberadaan sekolah ini memang perlu untuk dipertimbangkan," sarannya. (dan)

Berita Terkait