Satwa Lucu dan Menggemaskan itu Diserahkan ke BKSDA

Satwa Lucu dan Menggemaskan itu Diserahkan ke BKSDA

  Jumat, 2 September 2016 20:54

Berita Terkait

PONTIANAK- Kesadaran masyarakat akan tumbuhan dan satwa liar dilindungi semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya seekor Kukang (Nycticebus coucang) dari seorang warga kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa (TSL)-BKSDA Kalbar.

Satwa lucu dengan ciri-ciri mata belok ini diserahkan pemiliknya bernama M Abri Yusuf warga Sungai Jawi, Pontianak.

"Hari ini kami kembali menerima penyerahan satwa secara sukarela oleh pemiliknya. Ini bertanda bahwa kesadaran masyarakat tentang TSL semakin tinggi," kata Kepala Balai KSDA Kalbar Sustyo Iriyono.

Menurut keterangan sang pemilik, kaya Sustyo, satwa ini ditemukan di Jalan Tabrani Akhmad (Simpang Jl. Bersama) dalam kondisi terluka kemudian satwa dirawat oleh pemelihara selama empat hari sampai kondisi satwa tersebut sehat.

Menurut Sustyo, Saat ini, satwa diamankan di kandang Transit Balai KSDA Kalimantan Barat untuk selanjutnya rencana akan dititiprawatkan dan direhabilitasi di YIARI Ketapang.

Kukang merupakan primata yang lucu    dan menggemaskan sehingga banyak masyarakat umum gemar menjadikannya satwa ini sebagai hewan peliharaan. Padahal semua jenis Kukang terancam punah dan telah dilindungi oleh undang-undang.

"Bagi siapa saja yang memperdagangkannya tergolong melanggar hukum dan ilegal," tegasnya.(arf)

Berita Terkait