Satgas Yonif 301 Gelar Bukber di Perbatasan; Momen Pererat Tali Persaudaraan

Satgas Yonif 301 Gelar Bukber di Perbatasan; Momen Pererat Tali Persaudaraan

  Sabtu, 1 June 2019 11:37
BUKBER: Buka bersama yang digelar Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

BADAU – Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif Raider 301/Prabu Kian Santang terus melakukan komunikasi sosial dengan menggelar buka puasa bersama masyarakat di wilayah perbatasan, salah satunya di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu. Kegiatan tersebut mereka gelar dalam rangka menjaga hubungan dan mempererat keakraban bersama dengan masyarakat, terutama di bulan suci Ramadan yang penuh dengan berkah. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks, Letkol Inf. Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu.

Dikatakan Andi, buka puasa bersama masyarakat Senaning tersebut dikomandoi langsung oleh Wakil Komandan Satuan Penugasan (Wadansatgas) Pamtas Yonif R 301/Pks, Kapten Inf. Livem Hasler. Menurutnya, kegiatan tersebut adalah sarana silaturahmi antara personel Satgas Pamtas Yonif R 301/Pks bersama masyarakat, termasuk di dalamnya TNI-Polri. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk terjalinnya rasa kekeluargaan dan hubungan yang harmonis antara prajurit Satgas dan masyarakat sekitar, berkaitan dengan keberadaan Satgas Pamtas Yonif Raider 301/Pks yang baru berjalan sekitar 3 bulan.

Satgas Yonif Raider 301/Pks ditugaskan sebagai pasukan Pengamanan Perbatasan (Pamtas) antara negara Indonesia-Malaysia telah menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat yang ada di daerah perbatasan. Meskipun setiap hari bertatap muka, akan tetapi momen buka puasa bersama dipastikan dia sebagai sesuatu yang sangat emosional di mana biasanya diselingi dengan canda dan tawa.

Acara buka puasa tersebut diisi dengan penyampaian taushiyah dan ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Muhammad Nasir. Setelah itu, dilaksanakan buka puasa bersama dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah di Musala Al-Bahtani Pos Kout.

Kata Andi, kegiatan buka puasa bersama berlangsung dengan sederhana, namun mempunyai sarat dan makna di dalamnya. Menurutnya, terlihat keakraban antara personel Satgas dengan warga membaur menjadi satu.

Hadir dalam acara tersebut para perwira, bintara, dan tamtama Pos Kout Satgas Yonif Raider 301/Pks, Camat Ketungau Hulu yang diwakili oleh Sekcam Oktavianus, Danramil 1205-05/Senaning Mayor Inf. Amri Marpaung, bersama delapan orang anggota dan Kapolsek Ketungau Hulu Kompol Tolop Saragih beserta enam orang anggota. Hadir juga para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda, serta perangkat kampung yang ada di Kampung Senaning dan sekitarnya. (arf)

Berita Terkait