Sarbani Resmi Jabat Pj Sekda Kapuas Hulu

Sarbani Resmi Jabat Pj Sekda Kapuas Hulu

  Selasa, 19 February 2019 11:13
PENANDATANGANAN SK: Penandatangan SK pelantikan oleh sejumlah pejabat eselon II dan eselon III yang dilantik Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir di Aula Graha KORPRI Kapuas Hulu, Senin (18/2). ARIEF NUGROHO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir melantik H Sarbani sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kapuas Hulu. Prosesi pelantikan berlangsung di Aula Graha KORPRI Kapuas Hulu, Senin (18/2) pagi. 

Dengan dilantiknya Sarbani sebagai Pj Sekda, otomatis dia pun merangkap dua jabatan yakni Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Hulu. Meskipun merangkap dua jabatan, bagi dia tidak ada masalah karena sudah dipelajari sebelumnya.

Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menegaskan, jabatan yang diemban Sarbani  hanya sementara dan tentunya untuk jabatan Sekda secara definitif akan segera diproses. “Sekarang sistem untuk penempatan jabatan yang kosong bisa kita lantik, kalau sekarang beda karena harus menunggu proses lelang,” ujarnya. 

Namun memang, kata Bupati, untuk mengisi jabatan sebagai Sekda definitif masih dalam proses  dan koordinasi. Sementara, dia menambahkan, pemerintah dituntut untuk bagaimana pelayanan tetap berjalan seperti biasa. “Yang namanya masalah bagi rangkap jabatan itu pasti ada, yakni tugasnya makin berat. Tapi mau tidak mau kita harus melakukan hal ini,” ujarnya. 

Selain melantik dan mengukuhkan Pj Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, Bupati juga melantik sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di antaranya Petrus Kusnadi sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Alpiansyah sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), kemudian Rupinus sebagai Kepala Satpol PP. 

Selanjutnya, Azhari dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat berikut Muhadi sebagai Inspektur Pembantu wilayah I, Bagong (Inspektur Pembantu wilayah II), Ridwani (Inspektur Pembantu wilayah III), serta Bahtiar, inspektur Pembantu wilayah IV.

Dalam kesempatan itu, Bupati mengatakan bahwa dirinya memang perlu segera melantik pejabat-pejabat tersebut, karena penting untuk urusan pemerintahan, khususnya posisi Sekda. “Selain melantik ada juga sejumlah posisi jabatan yang sebatas mengesahkan kembali karena ada perubahan nomenklatur, seperti posisi Kepala Disdikbud, Satpol PP, dan DPMD," jelas Nasir.

Kepada pejabat yang dilantik, Bupati menyampaikan ucapkan selamat, terutama Sarbani sebagai Pj Sekda sesuai persetujuan Gubernur Kalbar. “Terimakasih juga pada Plh. Sekda sebelumnya (M. Yusuf) yang sudah jalankan tugas dengan baik. Karena tugas Plh. Sekda ini meski singkat, tapi cukup banyak tugasnya," ucap Bupati.

Lebih lanjut Nasir mengatakan, menjabat Pj Sekda sama wewenangnya dengan Sekda defenitif. Untuk posisi tersebut, saat ini, menurut dia, begitu banyak tugas yang harus diselesaikan. 

“Penjabat Sekda punya fungsi strategis. Saya berharap dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Penjabat Sekda juga berperan dalam pertimbangan teknis pada pimpinan. Apabila ada kebijakan ini harus dikoordinasikan dengan Bupati,” tegas Nasir.

Tugas Sekda lainnya, kata Nasir adalah memenuhi delapan posisi jabatan yang saat ini kosong. Terkait hal ini, menurut dia, harus segera dikomunikasikan ke kementerian untuk mekanisme lelang jabatan. “Lelang harus hasilkan pejabat yang punya kualitas terbaik,” ujarnya.

Nasir juga menginstruksikan agar Pj Sekda memastikan program prioritas daerah berjalan sesuai perencanaan. Kepada pejabat-pejabat lainnya, Bupati juga menegaskan agar meningkatkan etos kerja dan segera mewujudkan program pembangunan yang ada. Selanjutnya Bupati menegaskan bahwa dirinya akan mengevaluasi kinerja seluruh Kepala OPD yang ada.

“Kami akan evaluasi pejabat eselon II lebih dari 5 tahun menjabat, bisa menjabat lagi kalau berprestasi. Kita dituntut bekerja maksimal, memberi output yang baik,” terangnya.

Sementara itu Pj Sekda Sarbani mengatakan, meskipun dirinya menjabat dalam dua jabatan yang lain, dipastikan akan mampu untuk mengelola pemerintah dengan baik. “Tapi dalam waktu dekat ini, jabatan saya sebagai Plt Inspektur Inspektorat akan dilepas,” ucapnya. 

Pasca dilantik menjadi Pj Sekda Kapuas Hulu, dirinya hanya melanjutkan program Sekda Kapuas Hulu yang lama. “Saya meneruskan apa yang sudah bagus di sini saja, nanti pun saya akan tahu apa yang akan dibenahi,” pungkasnya. (arf)

Berita Terkait