Samsung Menarik Semua Galaxy Note 7

Samsung Menarik Semua Galaxy Note 7

  Rabu, 7 September 2016 09:30
RUSAK: Ariel Gonzales menunjukkan Galaxy Note 7 miliknya yang terbakar.

Berita Terkait

JAKARTA– Baru dirilis pada 19 Agustus lalu, namun Samsung Electronics harus menarik seluruh produk smartphone Galaxy Note 7 secara global. Keputusan itu diambil setelah ada laporan di Amerika Serikat dan Korea Selatan kalau ponsel cerdas itu meledak saat atau setelah di-charge.

 
Perusahaan asal Korsel tersebut menyatakan kalau konsumen yang sudah membeli ponsel tersebut bisa menukarnya dengan yang baru. Penarikan tersebut datang sepekan sebelum iPhone baru Apple akan dilaunching. ”Kami menerima beberapa laporan adanya baterai yang meledak di Note 7 dan sudah dipastikan kalau itu adalah masalah sel dalam baterai,” kata Presiden Bisnis Mobile Samsung Koh Dong-jin kepada wartawan pekan lalu.

Ditambahkan Koh, mereka butuh waktu dua pekan untuk menyiapkan perangkat pengganti. Berdasar Samsung, smartphone itu sudah dilaunching di 10 negara. Tetapi, dengan perusahaan penyuplai baterai yang berbeda. Beberapa hari belakangan, ada laporan dari konseumen Note 7 yang mengeluhkan produk tersebut. Mereka mengatakan kalau ponselnya terbakar atau meledak saat di-charge. ”Ada 35 kasus yang dilaporkan,” kata Koh.

Seorang konsumen Galaxy Note 7 yang menggunakan akun Ariel Gonzalez, memposting kondisi smartphone-nya yang rusak berat via YouTube pada 29 Agustus. Dalam rekaman video itu terlihat kalau ledakan membuat casing rubber dan screen ponsel hancur. ”Handset tiba-tiba mengeluarkan api tak lama setelah saya mencabut charger originalnya. Padahal saya baru beli empat hari yang lalu,” katanya.

Hal serupa yang terposting di Kakao Story, salah satu sosial media populer di Korea, pada 30 Agustus. ”Ada ponsel Galaxy Note 7 yang meledak. Itu ponsel teman saya. Setelah itu, seorang karyawan Samsung datang ke teman saya itu dan membicarakan urusan pergantian barang. Anda yang memilikinya harus menggunakan charger originalnya. Dan, jauh-jauhlah dari ponsel itu saat sedang di charge,” tulis seorang user Kakao Story. Samsung Galaxy Note 7 mendapat review positif dari kritikus dan konsumen. Model itu masuk dalam seri phablet - smartphone dengan layar lebar dan dilengkapi stylus. Samsung juga menambahkan scanner iris yang memungkinkan pengguna mengunci ponsel dengan menggunakan mata. (BBC/CNN/tia)

Berita Terkait