Sambut Ribuan Kafilah dari 33 Provinsi

Sambut Ribuan Kafilah dari 33 Provinsi

  Rabu, 26 June 2019 10:19
SEMARAK LAMPU: Jelang pelaksanaan STQ Nasional XXV, suasana depan kantor Wali Kota Pontianak sudah tampil menarik. Lampu-lampu hias sudah menyemarakkan kawasan calon perhelatan akbar tersebut. MUJADI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK—Panitia kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV 2019 di Kalimantan Barat terus mematangkan persiapan event berskala nasional tersebut. Dari hasil rapat koordinasi antara panitia dan pihak terkait, secara umum Kalbar telah siap menyambut ribuan peserta dari 33 provinsi.

"Alhamdulillah semua sudah siap, karena dari berbagai laporan yang disampaiakan oleh masing-masing koordinator, kami pada prisnsipnya siap," ungkap Ketua Umum STQ Nasional XXV 2019 Syarif Kamaruzaman usai rapat persiapan STQ di Balai Petitih Kantor Gubernur, Selasa (25/6) sore.

Kamaruzaman mengungkapkan, jumlah peserta yang akan mengikuti STQ ada sebanyak 543 orang. Sementara total keseluruhan baik peserta, official maupun pendamping totalnya mencapai 1.786 orang. Segala kebutuhan baik akomodasi maupun transportasi juga telah dinyatakan siap. "Sudah semua, berdasarkan konfirmasi kepada koordinator, baik transportasi dan akomodasi semua ready," katanya.

Masing-masing kafilah dari 33 provinsi ini sudah dibagi pendampingannya oleh semua OPD yang ada di Provinsi Kalbar. Setiap kontingen didampingi liaison officer (LO) yang mengatur segalanya. "Mereka (LO) yang mendampingi terkait informasi, jadwal kegiatan termasuk transport dan akomodasi," paparnya. 

Sementara itu dari hasil rapat tersebut juga telah diputuskan bahwa, mobilisasi dewan hakim menuju venue khusus ke Tugu Khatulistiwa menggunakan jalur sungai. Yakni menggunakan kapal dari Hotel Grand Kartika. Hal tersebut untuk mengantisipasi kemacetan di jalan menuju lokasi di Pontianak Utara tersebut. 

Selain itu untuk kegiatan pawai taaruf yang bakal digelar Sabtu (29/6) pagi dimulai dari depan Kantor Gubernur Kalbar Jalan A Yani. Rutenya menuju Sungai Jawi, masuk ke Jeruju, belok ke geretak satu dan berakhir di Taman Alun-alun Kapuas, Jalan Rahadi Usman. 

Kamaruzaman menambahkan, untuk upacara pembukaan sendiri, informasi terkahir, akan dihadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Yakni pada Sabtu (29/6) malam. "Konfimasi sementara, Menteri Agama datang jam 12.00 WIB,  pelantikan dewan hakim sore, lalu pembukaan malam," pungkasnya. (bar)

Berita Terkait