Saatnya Pendidikan Berbasis Teknologi

Saatnya Pendidikan Berbasis Teknologi

  Jumat, 3 May 2019 10:45
SAMPAIKAN SAMBUTAN: Bupati, Hj Erlina saat memimpin ucapara peringatan Hari Otonomi Daerah dan Hari Pendidikan Nasional.

Berita Terkait

Peringatan Otda dan Hardiknas 2019

MEMPAWAH - Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXIII dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 di Kabupaten Mempawah berlangsung hikmad. Dipimpin Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH, peringatan tersebut ditandai dengan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Mempawah, Kamis (2/5) pagi.

Membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Erlina mengungkapkan, tema hari otonomi daerah ke-XXIII tahun 2019 yakni meningkatkan kulaitas SDM Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif.

“Tema ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah,” tuturnya.

Erlina mengatakan, perjalanan otonomi daerah sejak reformasi hingga sekarang mengalami banyak kemajuan. Bahkan, menurut dia, terdapat tiga hal prinsip yang berubah secara drastis pasca diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah.

“Pertama, mendorong budaya demokrasi ditengah kehidupan masyarakat. Termasuk juga memberikan nuansa baru dalam sistem pemerintahan daerah. Yakni dari sentralistik birokratis ke arah desentralistik partisipatoris,” ujarnya.

Kedua, lanjut Erlina, kebijakan otonomi daerah menumbuhkembangkan iklim kebebasan, berkumpul, berserikat serta mengemukakan fikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk membangun daerah.

“Ketiga, desentralisasi yang telah berjalan menyebabkan kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit-belit. Tetapi menjadi sangat efisien dan responsif,” katanya.

Untuk itu, Erlina menekankan agar seluruh jajaran ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik sebagai wujud penyelenggaraan reformasi birokrasi. Dengan begitu, pemerintah daerah dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat.

“Sehingga masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam hal mendapatkan pelayanan disegala bidang kehidupan berbangsa dan bernegara,” pendapatnya.

Masih dalam kesempatan itu, Erlina menyebut, perhatian pemerintah telah bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM. Maka, kekuatan bidang pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

“Maka, tema peringatan hari pendidikan nasional tahun 2019 menguatkan pendidikan, memajukan kebidayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting KI Hajar Dewantara berkenaan dengan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan di masyarakat,” paparnya.

Saat ini, Erlina mengungkapkan, peserta didik didominasi generasi milenial yang lahir pada era digital. Dengan pesatnya teknologi menyebabkan mudahnya menyerap berbagai perkembangan zaman. Hal ini dapat dimanfaatkan sekolah dan guru untuk mendukung aktivitas belajar mengajar.

“Kemajuan era digitalisasi ini mendorong kita harus mampu menerapkan pendidikan berbasis teknologi dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yakni pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiganya harus saling mendukung dan menguatkan,” tegas Erlina.

Lebih dari itu, Erlina mengatakan, penguatan karakter anak juga ditopang dengan hadirnya UU Nomor 24/2019 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan. Dengan penerapan UU tersebut, maka kecintaan dan kebanggaan terhadap simbol-simbol negara tetap tertanam dalam diri generasi bangsa.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Mempawah, saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Mempawah. Semoga momentum hari pendidikan nasional ini, semakin meningkatkan mutu dan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Mempawah,” tukasnya.

(wah)

Berita Terkait