RS Abdul Aziz Minim Air Bersih

RS Abdul Aziz Minim Air Bersih

  Selasa, 6 September 2016 09:30
RSUD: Kunjungan keluarga pasien yang berada di Bangsal Kebidanaan RS Abdul Aziz Kota Singkawang.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah masyarakat mengeluhkan minimnya ketersediaan pasokan air bersih yang ada di kamar mandi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Hal ini membuat pasien maupun keluarga pasien meminta pemerintah terkait memperhatikan kurangnya ketersedian air bersih. Sehingga kebutuhan pasien maupun keluarga pasien yang datang ke rumah sakit tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

 
"Saya di sini menemani keluarga yang sedang menjalani perawatan medis, ketika saya ingin mandi pagi, ternyata air di kamar mandi tidak mengalir,"  ucap Keluarga Pasien Evi (36), Senin (5/9) kepada media ini.

Dia mengatakan ketersedian air sangat dibutuhkan oleh pasien dan keluarga pasien yang berada di rumah sakit. Jika stok air dibatasi oleh pihak rumah sakit, ini sangat tidak sesuai dengan pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya.

Ia menuturkan selain memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada pasien. Diharapkan pengelolaan rumah sakit milik pemerintah daerah dapat memperhatikan fasilitas lain yang menunjang kelayakan medis di Kota Singkawang.

“Kita minta pasokan air bersih di tambah. Jangan sampai air bersih yang dibutuhkan tidak mencukupi keperluan pasien. Kasian pasien yang ingin mandi, karena air bersih dibatasi,” imbuhnya saat menjenguk pasien di Bangsal Kebidanan/Kandungan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Singkawang Kismed menamambahkan terkait kurangnya pasokan air bersih yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang, pihaknya tidak bisa menanggapi secara langsung karena bukan tanggungjawab dari Dinas Kesehatan Kota Singkawang. Namun pihaknya meminta media ini menayakan langsung dengan Direktur Rumah Sakit Umum Darerah Abdul Aziz Kota Singkawang.

“Kurangnya air bersih yang ada ini bukan menjadi wewenang Dinas Kesehatan Kota Singkawang. Tetapi kebijakan pengelolaan Rumah Sakit ini berada pada tanggungjawab Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang,” imbuhnya belum lama ini di Kantor Walikota Singkawang.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Kota Singkawang Carlos Dja'afara mengakui bahwa ketersediaan air bersih yang ada belum bisa terpenuhi secara maksimal. Namun pihaknya sudah mengotimalkan penyediaan air bersih khusus untuk pasien yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Kota Singkawang.

“Persedian air bersih untuk pasien sebenarnya tidak ada persoalan. Meskipun air dari perusahaan daerah air minum (PDAM) tidak mencukupi. Tapi kita sudah menyediakan alternatif lain yakni dengan membeli air bersih untuk kebutuhan pasien,” ungkapnya.

Dia menyatakan persediaan air bersih yang ada di rumah sakit umum daerah  tidak pernah mengalami kekurangan. Sebaliknya apabila persediaan air bersih di rumah sakit umum dipergunakan keluarga maupun kerabat pasien untuk mandi dan mencuci pakaian. Hal tersebut sepenuhnya tidak akan bisa terpenuhi dalam ketersediaan pasokan air bersih di RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang.

Ia mengharapkan kepada keluarga pasien maupun kerabat pasien agar tidak menggunakan prasarana air bersih untuk kebutuhan mandi maupun mencuci pakaian. Hal tersebut dapat mempersulit pasien yang membutuhkan air bersih. Sedangkan persediaan air bersih yang ada terbatas, karena jaringan PDAM Kota Singkawang tidak mengalir dengan lancar di RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang.

“Selama ini kami sudah berupaya membuat pasien merasa nyaman dan betah dengan layanan di rumah sakit.  Segala bentuk fasilitas pelayanan kesehatan sudah tercukupi mulai dari tenaga dokter spesialis, perawat dan bidan. Bahkan kita menjadi rumah sakit rujukan dari rumah sakit lain yang ada di Kalimantan Barat dan rujukan dari Kabupaten Natuna,” tukas Ditektur RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang.

Di tempat terpisah Kabag Hubungan Pelanggan PDAM Gunung Poteng Kota Singkawang Waspin Sijabat mengakui bahwa jaringan air bersih yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Aziz Kota Singkawang terbatas. Dikarenakan sumber air bersih yang ada di PDAM Gungun Poteng tidak mencukupi kebutuhan di RSUD Abdul Aziz Kota Singkawang.

“Selama ini Rumah Sakit Abdul Aziz Kota Singkawang sudah lama berlangganan. Namun pasokan air bersih yang kami sediakan tidak mencukupi. Sehingga pihak rumah sakit terpaksa harus membeli pasokan air bersih dengan pihak lain, guna pemenuhan air bersih,” terangnya saat dihubungi media ini. (irn)

Berita Terkait