Rossoneri dan Partenopei Sama-Sama Rugi

Rossoneri dan Partenopei Sama-Sama Rugi

  Senin, 16 April 2018 11:00
Berebut Bola : Pemain Napoli Christian Maggio dan Jorginho berusaha merebut bola dari kaki pemain AC Milan Giacomo Bonaventura pada lanjutan Serie A Italia di Stadion San Siro, Milan (15/4) REUTERS/Alessandro Garofalo

Berita Terkait

MILAN - Secara hasil, imbang tanpa gol melawan AC Milan tadi malam memang memperpendek jarak antara Napoli dan Juventus menjadi tiga angka (78-81). Hanya saja, gap tersebut sangat mungkin kembali melebar menjadi enam poin dikarenakan Juventus baru memainkan giornata ke-32 kontra Sampdoria dini hari tadi dan mereka sangat mungkin bisa mengemas tiga angka. 

Ini merupakan hasil imbang di laga away yang ketiga secara beruntun bagi Partenopei. Dua away sebelumnya saat 1-1 melawan Sassuolo (31/3) dan 0-0 menghadapi Inter Milan (12/3).

Namun, peluang bagi Napoli masih belum sepenuhnya musnah. Andai Juve mampu memperlebar jarak jadi enam poin bila menang dari Il Samp, Marek Hamsik harus menang saat bertamu di Allianz Stadium pekan depan (22/4).

Bila itu terealisasi, harapan selanjutnya bagi Napoli adalah di laga sisa. Ya, jadwal Juve lebih terjal ketimbang Napoli. Sebab, mereka masih harus menghadapi AS Inter Milan (29/4) dan AS Roma (13/5) setelah bentrokan pekan depan. Itu belum termasuk agenda final Coppa Italia melawan Milan (10/5). Sedangkan Napoli sudah tidak ada lagi agenda menghadapi sesama penghuni lima besar setelah melawan Juve.

''Kami sudah memberikan semuanya hari ini (tadi malam, Red) dan menghadapi tim hebat,'' kata gelandang Napoli Jorginho dalam konferensi pers. ''Kami harus tetap percaya untuk itu (scudetto, Red). Bila tidak, kami lebih baik tidak usah bermain lagi,'' sambung pemain timnas Italia itu. 

Hasil imbang di San Siro tadi malam tidak lepas dari peran gemilang portiere Milan Gianluigi Donnarumma. Kiper 19 tahun tersebut setidaknya menggagalkan delapan shot on target Napoli. 

Salah satu peluang Napoli nyaris gol adalah di menit ke-90'+2 melalui striker pengganti, Arkadiusz Milik. Tendangan jarak dekat striker berkebangsaan Polandia itu berhasil ditepis jari Gigio untuk menggagalkan gol kemenangan di injury time kali kedua Napoli dalam dua giornata terakhir. Sebagaimana diketahui, pekan lalu, Napoli berhasil menang 2-1 dari Chievo melalui gol di menit ke-90'+3 yang dicetak Amadou Diawara.

Namun, tidak mengherankan bila performa Gigio dahsyat tadi malam. Sebab, dia berhasil menjadi kiper termuda yang membukukan 100 pertandingan di Serie A. Tepatnya berusia 19 tahun dan 49 hari.

''Donnarumma? Saya gembira dengan apa yang sudah dia capai. Untuk laga tadi (tadi malam, Red) saya senang dengan kinerja lini belakang,'' kata allenatore Milan Gennaro Gattuso kepada La Gazzetta dello Sport. Pernyataan Rino merujuk kepada absennya dua bek tengah andalan Leonardo Bonucci yang terkena akumulasi kartu kuning dan Alessio Romagnoli yang cedera.

Hanya saja, hasil imbang itu juga merugikan bagi Rossoneri. Sebab, Hakan Calhanoglu dkk itu untuk menembus empat besar demi Liga Champions semakin berat.

Padahal, mereka diuntungkan karena Inter bermain imbang tanpa gol kontra Atalanta kemarin dini hari. Plus Lazio dan AS Roma yang menempati posisi tiga dan empat harus saling hantam di Derby della Capitale. 

''Untuk Liga Champions, kami masih bisa mencapainya secara matematis. Optimistis harus tetap ada karena kami sudah melalui musim yang berat dengan lawan-lawan hebat,'' kata Rino lagi. (io)
 

Berita Terkait