Ronaldo Kejar El Pichichi

Ronaldo Kejar El Pichichi

  Jumat, 20 April 2018 11:00
Penyelamat: Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kanan) menjadi penyelamat timnya dari kekalahan setelah mencetak gol di menit ke-87 untuk menyamakan kedudukkan 1-1 dengan Athletic Bilbao di lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid (19/4) REUTERS/Susana Vera

Berita Terkait

MADRID – Real Madrid membuang kesempatan memangkas poin dengan tetangganya yang ada di posisi runner-up, Atletico Madrid. Hasil imbang kemarin (19/4) membuat Real berjarak tiga angka di belakang Atleti (68-71). 

Real bermain imbang untuk kedelapan kalinya musim ini di La Liga. Kemarin di Santiago Bernabeu, Los Merengues berbagi angka 1-1 melawan tamunya Athletic Bilbao. 

Bilbao membungkam Madridista dengan gol chip oleh Inaki Williams pada menit ke-14. Penyerang Real Cristiano Ronaldo kemudian menyelamatkan Real dari kekalahan tiga menit sebelum laga di waktu normal usai (87'). 

Gol yang diciptakan pemain 33 tahun itu membuatnya kini tak pernah absen berkontribusi gol diantara 12 laga terakhirnya buat Real. Yakni delapan laga La Liga dan empat pertandingan Liga Champions. 

Dalam 12 pertandingan beruntun tersebut kalau ditotal maka kontribusi gol Ronaldo mencapai 22 buah. Musim lalu, streak terpanjang gol Ronaldo bersama Real  cuma empat laga. Yakni antara 14 Mei sampai 3 Juni. 

Meski cuma menambah satu gol di La Liga kemarin, Ronaldo tetap bercokol di posisi runner-up top skor La Liga atau el pichichi. Ronaldo kini mengemas 24 gol atau lima gol di belakang Lione Messi/Barcelona yang ada di puncak daftar el pichichi dengan 29 gol.

Entrenador Bilbao Juan Angel Ziganda kepada Marca kemarin mengatakan timnya bermain nyaris sempurna. Akan tetapi usaha mencuri poin Les Leones, julukan Bilbao, pupus di ujung laga. 

“Ini hasil seri yang sangat menyakitkan buat kami. Kami tahu kalau ingin menang dari Real, kami harus punya kiper tangguh, dan Kepa (Arrizabalaga) menunujukkan performa luar biasa,” kata Ziganda. 

Menurut catatan Opta kemarin Arrizabalaga melakukan sembilan penyelamatan gemilang di Bernabeu. Dan jumlah tersebut merupakan rekor kegemilangan seorang kiper musim ini di La Liga. 

Hasil seri kemarin juga memberikan kritikan kepada Real jelang leg pertama semifinal Liga Champons versus Bayern Muenchen Kamis (26/4) mendatang. Real disebut media Spanyol terlalu bergantung pada Ronaldo. Karim Benzema dan Gareth Bale yang bermain di Bernabeu kemarin masih menjadi sasaran kritik karena bermain di bawah ekspektasi Madridista. 

Winger Real Lucas Vazquez kepada Mundo Deportivo kemarin mengungkapkan optimisme jelang lawan Bayern. Walau dalam tiga laga kandang Real di semua ajang, kolektor 12 trofi Liga Champions itu tak pernah menang. Setelah imbang 1-1 lawan Atleti (8/4), kalah 1-3 dari Juventus (12/4), dan imbang 1-1 lawan Bilbao kemarin (19/4). 

“Kami masih memiliki waktu sepekan untuk menggenjot penampilan sebelum tampil lawan Bayern di Liga Champions. Kami dalam kondisi terbaik dan tim ini percaya diri bisa bermain bagus saat lawan Bayern,” ucap Vazquez. 

Di sisi lain, mengenai performa kiper Bilbao yang ciamik di laga kemarin entrenador Real Zinedine Zidane berujar Kepa adalah kiper yang tangguh. Pada usianya yang masih 23 tahun itu Kepa menunjukkan bakat besarnya di bawah mistar gawang. 

“Saya tidak menyesali karena gagal mendapatkan Kepa pada bursa transfer musim dingin lalu. Karena saya berprinsip tak akan mengubah tim pada pertengahan musim,” ujar Zidane kepada beIN Sports kemarin. (dra)
 

Berita Terkait