Ribuan Warga Hadiri Peresmian Jembatan Kapuas Tayan

Ribuan Warga Hadiri Peresmian Jembatan Kapuas Tayan

  Selasa, 22 March 2016 20:59
PERESMIAN JEMBATAN: Ibu-ibu pengajian mendatangi lokasi peresmian Jembatan Kapuas Tayan sejak pagi hari.

Berita Terkait

TAYAN--Peresmian Jembatan Tayan oleh Presiden RI Jokowi pada Selasa (22/3) sore dihadiri ribuan warga. Sejak pagi,  masyarakat sudah memenuhi kawasan Jembatan sepanjang 1,65 Km itu. 
Pantauan Pontianak Post, antusiasme warga menyaksikan peresmian jembatan ini, sudah terlihat sejak pagi. Padahal Presiden Jokowi dijadwalkan  meresmikan pada pukul 15.00. Warga tampak sudah menyemut di sepanjang jalan menuju jembatan dan kawasan sekitar jembatan. 
Edi (45), warga Tayan bahkan memboyong keluarganya untuk menyaksikan peristiwa langka ini. Ia dan anak dan istrinya serta anggota keluarga lainnya mengaku sudah menunggu momen ini sejak bulan Januari. Ketika itu, lanjutnya, pemberitaan di media sudah santer mengenai peresmian jembatan yang menghubungkan Desa Kawat, Desa Pulau dan Desa Piasak itu. "Katanya bulan Januari, Bapak Presiden mau datang meresmikan. Tapi ternyata tidak jadi," ujarnya.
Lain lagi, Rukyah (55) yang juga warga Pulau Tayan. Ia datang bersama teman-teman sebayanya dengan berjalan kaki. Ia mengaku senang dengan adanya Jembatan Kapuas Tayan yang menghubungkan tiga desa itu. "Kalau dulu harus pake kapal atau sampan, sekarang sudah ndak perlu lagi karena ada jembatan Tayan ini," ujarnya sumringah.
Jembatan Kapuas Tayan yang menyeberangi Sungai Kapuas melalui Pulau Tayan, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau ini, berjarak 112 km dari Kota Pontianak. Dengan selesainya Jembatan Kapuas Tayan, maka akan terhubung poros selatan Trans Kalimantan (Kalimantan Timur-Kalimantan Selatan- Kalimantan Tengah- Kalimantan Barat) yang terputus oleh Sungai Kapuas di Kecamatan Tayan Hilir. Ada tiga desa yang dihubungkan oleh jembatan ini, antara lain Desa Pedalaman, Desa Pulau Tayan Utara dan Desa Kawat. (arf)

Berita Terkait