Ribuan Siswa Ikuti UNBK 2019

Ribuan Siswa Ikuti UNBK 2019

  Selasa, 2 April 2019 08:57
SERIUS : Para peserta UNBK 2019 di SMAN 1 Mempawah Hilir. WAHYU JARTHAKUSUMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Disdikpora Pantau Pelaksanaan Ujian

MEMPAWAH - Ribuan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat di Kabupaten Mempawah mengikuti pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 yang digelar serentak. Berlangsung selama empat hari, UNBK dilaksanakan pada tanggal 1,2,4 dan 8 April.

SMAN 1 Mempawah Hilir merupakan salah satu sekolah penyelenggaraan UBNK 2019 di Kota Mempawah. Sebanyak 244 siswa di sekolah itu terdaftar sebagai peserta ujian. Pada hari pertama, UNBK berlangsung lancar.

“Untuk jumlah peserta UNBK 2019 di SMAN 1 Mempawah Hilir berjumlah 244 ssiwa. Kami menggunakan 2 ruangan laboratorium untuk pelaksanaan UNBK tahun ini,” terang Panitia UNBK 2019 SMAN 1 Mempawah Hilir, Agustina, Senin (1/4) pagi.

Agustina menjelaskan, para peserta dibagi dalam 3 sesi ujian. Setiap sesinya diikuti sekitar 40-41 siswa. Dengan pembagian tersebut, sehingga seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Dari seluruh peserta ujian, terdapat 1 siswa SMAN 1 Mempawah Hilir yang tidak dapat mengikuti UNBK 2019. Sebab, siswa bersangkutan sakit dan harus mengikuti ujian susulan yang berlangsung pada tanggal 15-16 April mendatang,” tuturnya.

Lebih jauh, Agustina mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan UNBK 2019 ini mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia. Kemudian, pada hari kedua mata pelajaran Matematika.

“UNBK dilanjutkan pada tanggal 4 April dengan mata pelajaran Bahasa Inggris dan terakhir pada tanggal 8 April yakni mata pelajaran jurusan. Bagi siswa jurusan IPA, ada 3 pilihan yakni fisika, kimia dan biologi. Sedangkan IPS, pilihannya ekonomi, geografi dan sosiologi. Siswa bebas memilih salah satu mata pelajaran yang paling mereka kuasai,” sebutnya.

Secara teknis, Agustina mengungkapkan, peserta diberikan waktu selama 2 jam untuk mengisi soal-soal UNBK. Setiap mata pelajaran yang diujikan, menurut dia, memiliki jumlah soal yang berbeda.

“Misalnya mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris jumlah 50 soal. Sedangkan mata pelajaran Matematika sebanyak 40 soal, mata pelajaran jurusan ada 40 soal. Jenis soal terdiri dari pilihan ganda dan isian,” ujarnya.

Ditanya persiapan pihaknya dalam menghadapi UNBK 2019, Agustina memastikan telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Baik itu dalam bentuk bimbingan dan pendalaman materi, serta kegiatan simulasi ujian.

“Sebelum mengikuti UNBK ini, siswa sudah dua kali mengikuti simulasi ujian. Dalam simulasi itu, kita memberikan pemahaman dan pengenalan tentang kisi-kisi soal ujian. Hasil simulasi yang diikuti siswa cukup memuaskan,” akunya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama berharap penyelenggaraan UNBK 2019 tingkat SMA/MA di Kabupaten Mempawah berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala dan permasalahan berarti.

“Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Terutama menyangkut listrik dan jaringan internet sangat penting dalam mendukung kelancaran UNBK,” pendapatnya.

Lebih dari itu, Firman pun berpesan kepada seluruh peserta UNBK 2019 tingkat SMA/MA di Kabupaten Mempawah agar belajar dengan tekun dan maksimal. Agar, peserta dinyatakan lulus dengan nilai terbaiknya.

“Kita juga minta kerjasama para orang tua agar mengontrol dan mengingatkan anak-anak yang saat ini mengikuti UNBK 2019 agar konsentrasi dan fokus belajar,” pesannya mengakhiri. (wah)

Berita Terkait