Reuni Akbar Alumni SMP Negeri 1 dan Pembentukan IKA

Reuni Akbar Alumni SMP Negeri 1 dan Pembentukan IKA

  Minggu, 3 March 2019 09:50
MERIAH: Alumni SMP Negeri 1 Pontianak gelar reuni akbar sekaligus pembentukan Ikatan Alumni (IKA) periode 2019 sampai 2014, di Hotel Borneo Pontianak, Sabtu (2/3) pagi. SIGIT ADRIANTO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Targetkan Buat Agenda Meriah di Ultah ke-70

PONTIANAK – Alumni SMP Negeri 1 Pontianak mengadakan kegiatan bertakjub reuni akbar dan musyawarah besar (mubes) membahas pembentukan Ikatan Alumni (IKA) SMP Negeri 1 Pontianak, di Hotel Borneo, pada Sabtu (2/3). Terkait pembentukan IKA sendiri merupakan pembentukan panitia pertama untuk menjabat selama periode 2019 hingga 2024 mendatang.

Ketua Panitia Mubes dan Reuni Akbar SMP Negeri 1 Pontianak, Elvin Nasution, mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan dengan tujuan utama, yakni untuk membentuk susunan IKA SMP Negeri 1 Pontianak. Kegiatan tersebut, menurutnya, dihadiri langsung oleh masing-masing perwakilan dari 25 angkatan berbeda, mulai dari alumni tahun 1970-an, hingga alumni angkatan 2000-an. Dari kegiatan ini, lanjutnya, diadakan untuk merencanakan sebuah agenda besar yang akan diadakan IKA dalam merayakan hari jadi SMP Negeri 1 Pontianak yang ke-70, yang akan jatuh pada tahun 2020 mendatang.

“Ultah kita yang ke-70 ditahun 2020 mendatang akan diadakan meriah. Dan tentunya melalui kegiatan inilah, akan kita susun rencana tersebut sedemikian rupa,” ujarnya di sela-sela kegiatan berlangsung.

Melalui kegiatan ini dia berharap dapat menjadi ajang untuk menjaga tali silaturahmi antaralumni di berbagai angkatan yang berbeda-beda. Dia berpendapat, sejauh ini peran alumni memang sudah terlihat dari kontribusi alumni. Mereka telah berulang kali membuat berbagai agenda positif untuk siswa-siswi yang saat ini duduk di bangku sekolah yang terletak di Jalan Jenderal Urip tersebut.

“Sejauh ini peran dari masing-masing alumni di setiap angkatan sudah nampak. Mulai dari ada yang membantu membuat acara yang bermanfaat untuk adik-adiknya, membantu membiayai pembuatan pelang-pelang di sekitar sekolah. Ada juga yang memberi bantuan lainnya, seperti membuat kebun di sekitar sekolah dan juga ada yang memberi bantuan berupa kursi dan meja untuk ruangan kelas. Dengan dibentuknya IKA ini diharapkan dapat membantu lebih banyak dalam perkembangan SMP Negeri 1 untuk ke depannya,” terangnya.

Dia pun berharap dengan terbentuknya IKA ini dapat memberi manfaat bagi setiap warga sekolah baik murid, guru, hingga masyarakat yang berada di sekitar lingkungan SMP Negeri 1 Pontianak. Selain itu, ia juga yakin, dengan terbentuknya IKA, dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjaga hubungan antaralumni terjaga dengan baik. “Yang paling penting, semoga dengan terbentuknya IKA ini dapat bermanfaat bagi seluruh elemen yang tergabung dalam keluarga besar SMP Negeri 1 Pontianak,” harapnya.

Sementra itu, Yuyun Yuniarti, kepala SMP Negeri 1 saat ini menyatakan apresiasinya terhadap upaya dan kontribusi yang telah dilakukan pihak alumni untuk sekolah, yang tengah dipimpinnya saat ini. Ia juga berharap agar dengan pembentukan IKA SMP Negeri 1 Pontianak ini, dapat dijadikan sebagai bahan motivasi bagi anak didiknya kelak. Selain itu, harapan dia, juga dapat menjadi cerminan untuk contoh bagi siswa-siswi yang saat ini masih duduk dibangku pelajaran. “Semoga dengan pembentukan IKA ini dapat mengarahkan SMP Negeri 1 Pontianak menuju ke arah yang lebih-lebih baik lagi dari saat ini," Yuyun berharap.

Dalam masa kepemimpinannya yang kelima tahun ini, ia juga meminta peran IKA ke depannya untuk dapat berkontribusi lebih dalam memajukan SMP Negeri 1 Pontianak. Selain itu, dia mengaku sangat senang terkait peran IKA yang sejauh ini sudah turut berperan dalam membentuk pola pikir siswa. Peran yang dimaksud dia, seperti memberikan materi-materi khusus yang sangat menginspirasi dan memotivasi siswa, sehingga menjadi pribadi yang baik di masa yang akan datang.

“Sudah beberapa kali ada dari IKA yang buat kegiatan pemberian materi di SMP Negeri 1 Pontianak. Saya rasa itu penting dan sangat perlu dalam memberikan bekal untuk siswa dimasa mendatang,” pungkasnya. (sig/ser)

Berita Terkait