Rental Mobil Penuh Orderan di Hari Raya

Rental Mobil Penuh Orderan di Hari Raya

  Selasa, 5 July 2016 09:40

Berita Terkait

Usaha dibidang jasa penyewaan kedaraan roda empat atau yang kerap dikenal dengan sebutan rental mobil dibanjiri penyewanya saat hari raya idulfitri tiba. Alasannya tentu untuk mempermudah bepergian bersama sanak keluarga bersilaturahmi ke rumah keluarga dan kerabat terdekat.

Pahlevi Y. Harisandy, Pontianak

HARI raya Idulfitri tentu menjadi momen yang sangat spesial bagi seluruh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Pada momen ini dimanfaatkan untuk saling bersilaturahmi kepada keluarga, kerabat, dan rekan mereka dengan cara berkunjung kerumahnya. Momen ini juga memberikan profit lebih bagi si pegelut usaha jasa rental mobil.
Salah satunya jasa rental mobil bernama Anamas. Jasa penyewaan mobil di Jalan Padat Karya Komplek Didis Permai VI Pontianak Timur ini dibanjiri orderan penyewa mobil sejak dua pekan sebelum hari raya Idulfitri tiba.
Hal tersebut disampaikan Sari Astuti (27) pemilik jasa rental mobil Anamas, saat ditemui Pontianak Post, Senin (4/7) kemarin. Dia menyebutkan tujuh unit mobil yang disewakannya saat ini sudah berada di tangan penyewa. “Rental saya punya tujuh unit mobil. Sejak dua pekan lalu sudah dipesan orang untuk dipergunakan saat hari raya tiba. Sekarang mobil itu sudah berada di tangan penyewanya masing-masing,” ucap Sari, panggilan karibnya.
Disebutkan Sari, penyewa mobilnya saat ini banyak yang akan berpergian ke luar kota Pontianak. Ia memperkirakan, mereka memanfaatkan momen lebaran dan libur panjang ini untuk bersilaturahmi pada kerabat di berada diluar kota Pontianak.
Pemilik jasa penyewaan mobil Anamas juga menyebutkan memberikan paket khusus lebaran kepada konsumennya di hari raya Idulfitri. “Kami sediakan paket lebaran untuk penyewa kendaraan kami di hari raya ini. Paket kami ini berbentuk penyewaan secara mingguan,” terangnya.
Paket ini diberikan kepada konsumen karena hari raya Idulfitri tahun ini dibumbui libur akhir pekan yang menambah waktu luang setiap pengguna jasanya untuk menambah waktu penyewaan kendaraan roda empat miliknya.
Sari juga menuturkan, meski jasa penyewaan mobil miliknya baru berjalan lima bulan, dia sudah sangat hafal perilaku konsumennya menghadapi hari-hari besar ataupun hari libur tiba. “Dari lima bulan pengalaman saya bergelut di rental mobil, saya melihat mobil saya selalu penuh disewa orang saat hari besar atau hari libur tiba,” tuturnya. “Saya rasa kendaraan roda empat saat hari raya atau hari libur tiba saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat sebagian besar,” lanjut Sari.
Dia menilai, kebutuhan akan kendaraan roda empat ini timbul pada masyarakat yang bukan penduduk asli kota Pontianak ataupun penduduk asli kota Pontianak yang ingin menikmati hari liburnya diluar kota.
Bisnis dibidang usaha jasa penyewaan mobil ini terbilang menjanjikan dari sisi benefit yang diraup pegelutnya. Sari mengatakan, keuntungan yang dikantonginya pada saat hari raya seperti Idulfitri ini meningkat, meski ia tak mau menyebutkannya berapa nominalnya saat di temui Pontianak Post.
Benefit yang diraupnya itu, Sari mengatakan adalah sebuah berkah hari raya Idulfitri untuk keluarganya. “Alhamdulillaah, ini saya rasa adalah berkah di hari raya yang Fitri ini,” pungkasnya.
Dijelaskan Sari, keuntungan yang diperolehnya ini akan kembali dipergunakannya untuk menjaga kualitas jasa penyewaan mobilnya sepert perawatan seluruh kendaraan dan mungkin untuk menambah unit kendaraannya. “Saya akan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengendara mobil saya. Service kendaraan yang rutin saya lakukan setiap bulannya adalah buktinya,” paparnya.
Bisnis dibidang jasa penyewan kendaraan mobil ini memang harus digeluti secara serius oleh pemiliknya. Bukan tidak mungkin jika kendaraan itu tidak dirawat akan berakibat fatal bagi penyewa kendaraan dan si pemilik usaha. Tak heran banyak orang yang tidak berani terjun ke usaha ini lantaran terkendala modal terbatas dan takut menanggung resiko besar yang bisa kapan saja menerpanya.
Sari menepis pandangan orang pada lazimnya itu, disebutkannya, dia tidak terlalu banyak mengeluarkan modal untuk bergelut diusaha rental mobil ini. Dia memanfaatkan jasa pembiayaan yang ada untuk menjalankan usahanya ini.
“50 persen kendaraan saya masih dibiayai oleh jasa pembiayaan dan 50 persennya lagi saya beli dengan lunas. Nah kalau untuk resikonya yang besar itu bisa kita hindari dengan tetap menjaga keamanan seluruh kendaraan yang kita sewakan,” ulasnya.
Untuk menghindari terjadinya penipuan, Sari menerapkan peraturan bagi konsumennya yang akan menggunakan jasanya untuk memenuhi persyaratan utama dalam menyewa kendaraan roda empat miliknya.
Setiap calon konsumen tersebut harus meninggalkan satu unit kendaraan roda dua yang disertakan dengan fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Pengenal (KTP). Barang tersebut dianggap Sari sebagai jaminan utama untuk menggunakan jasa penyewaan mobil miliknya. (*)

 

Berita Terkait