Relokasi KPP Pratama Mempawah

Relokasi KPP Pratama Mempawah

  Sabtu, 18 May 2019 11:33
TINGKATKAN PAD: Koordinasi antara Bupati Mempawah dan Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat dalam rangka peningkatan kerjasama untuk penerimaan pajak dan PAD.IST

Berita Terkait

Agar Pelayananan WP Lebih Dekat 

MEMPAWAH—Bertempat di ruang kerja Bupati Mempawah, Kamis (16/5) , Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Barat, Farid Bachtiar bersama Kabid PEP dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mempawah, melakukan silaturahmi sekaligus diskusi dengan Bupati Mempawah, Hj. Erlina S.H, M.Si  dan Sekda Mempawah dalam rangka peningkatan kerjasama untuk penerimaan pajak dan PAD khususnya untuk Kabupaten Mempawah.

Kunjungan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan sinergi antara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kaimantan Barat dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah. 

Farid Bachtiar menyampaikan bahwa Kabupaten Mempawah sangat diuntungkan dengan wilayah yang cukup prospektif secara ekonomi terutama dari sektor perkebunan. Dan ini akan bisa ditingkatkan lagi seiring dengan adanya pembangunan Pelabuhan Kijing dan smelter serta pengembangan industri Antam.

Saat ini komposisi penerimaan pajak terbesar di Kalimantan Barat ditopang dari sektor perkebunan, pertambangan, dan perdagangan. Adanya perusahaan atau industri baru yang beroperasi di Kalimantan Barat  juga sangat membantu meningkatkan potensi perpajakan yang bisa digali lebih lanjut. 

Harapannya dengan munculnya industri atau usaha yang baru, maka usaha pendukung lainnya juga akan muncul dan memberikan pasar serta peluang tenaga kerja baru. Seperti munculnya too-toko baru, hotel, maupun tempat pemenuhan kebutuhan masyarakat yang lain. Hal ini akan berpengaruh juga dalam peningkatan bagi hasil pajak pusat dan PAD.

Selain itu Farid juga menyampaikan bahwa saat ini dalam pelaksanaan perizinan terpadu, terdapat kegiatan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) yang secara online dilakukan untuk menguji kepatuhan wajib pajak terhadap kewajiban pelaporan perpajakannya. 

Di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Mempawah menempati posisi tertinggi dalam pelayanan KSWP, dan hal ini menunjukkan bahwa perkembangan usaha di Kabupaten Mempawah berkembang pesat. 

Bupati Mempawah, Erlina menyampaikan bahwa Pemkab Mempawah juga sudah mendapatkan asistensi dan pemantauan dari KPK mengenai pelaksanaan perizinan yang terhubung melalui OSS (one single submission). Hal ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerja sama dengan instansi terkait sebagai bentuk pertanggungajawaban atas pengawasan yang dilaksanakan oleh KPK.

Di masa yang akan datang diharapkan adanya data yang terhubung antarinstansi akan dapat digunakan juga sebagai alat kontrol dalam pengawasan kegiatan usaha dan sebagai sarana penggalian potensi untuk meningkatkan penerimaan PPh, PPN dan Pendapatan Asli Daerah. 

Diharapkan pelayanan perpajakan lebih bisa ditingkatkan jika kantor layanan KPP Pratama Mempawah bisa berada di wilayah kabupaten Mempawah, sehingga Wajib Pajak dapat mendapatkan pelayanan yang lebih lengkap dan dekat, karena saat ini lokasi kantor masih berada di Kota Pontianak. (r/*)

Berita Terkait