Reklame Rusak itu Dibongkar

Reklame Rusak itu Dibongkar

  Rabu, 28 September 2016 09:30
DIBONGKAR: Salah satu anggota Satpol PP Ketapang membongkar papan reklame rusak di Jalan R Suprapto, kemarin. AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

KETAPANG – Papan billboard yang rusak di Jalan R Suprapto akhirnya dibongkar Satuan Kepolisian Pamong Praja (Satpol PP) bersama Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Ketapang, Rabu (27/9) siang. Pembongkaran bagian papan reklame ini sebagai bentuk antisipasi agar tidak membahayakan pengguna jalan.

 
Kepala Satpol PP Ketapang, Edy Junaidi, mengatakan, pembongkaran sebagian papan reklame tersebut selain mendapatkan keluhan dari masyarakat, juga agar tidak membahayakan pengendara yang melintas. "Jika dibiarkan bisa membahayakan. Makanya yang rusak langsung kita bongkar," katanya, kemarin (27/9).

Menurutnya, kondisi papan reklame tersebut sebagiannya memang rusak. Dia menambahkan, beberapa keping seng dari dinding reklame tersebut hampir lepas karena tertiup angin. "Kondisinya memang rusak. Makanya kami langsung membongkar kerusakan," jelasnya.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Daerah (Dispenda) dan Dishubkominfo setempat, selaku instansi yang memiliki alat untuk pembongkaran papan reklame yang rusak. Hal tersebut mereka lakukan agar pembongkaran tidak menyalahi aturan. "Kita pinjam alat ke Dishub (Dishubkominfo, Red) untuk membongkarnya. Karena Pol PP tidak punya tangga untuk menjangkau bagian papan reklame yang rusak," ungkapnya.

Ke depan ia berharap mereka dapat terus bekerja sama dengan masyarakat. Dia juga meminta masyarakat tidak sungkan melaporkan kepada mereka, jika ada keluhan tentang keindahan dan pelanggaran peraturan. Dengan demikian pihaknya dapat langsung menindaklanjuti laporan dari masyarakat tersebut.

"Jadi masyarakat tidak usah takut, laporkan saja ke kami jika ada kerusakan papan billboard atau hal-hal yang menyangkut ketertiban umum. Kami akan tindak lanjuti demi kepentingan masyarakat, selain juga kami juga melakukan patroli untuk memantau dan mengawasi kekondusifan kita bersama," imbaunya.

Sementara itu, kepala Dishubkominfo Kabupaten Ketapang, Agus Hendri, mengaku siap membantu pihak terkait, jika memang diperlukan seperti dalam penggunaan sarana yang dimiliki pihaknya. "Kita langsung membantu jika diminta. Kami akan menyediakan alat yang kita memiliki. Berupa mobil tangga untuk menjangkau tempat yang tinggi," katanya.

Ia pun siap membantu tidak hanya kepada pemerintah atau instansi, melainkan juga masyarakat yang memerlukan bantuan demi kepentingan umum. "Selagi kita miliki alat kita pasti bantu, apalagi peralatan berat kita sering kita gunakan untuk membetulkan lampu, yang jelas petugas kita yang mengoperasionalkan tidak untuk dipinjamkan atau dibawa oleh pihak yang memerlukan bantuan peralatan kita," pungkasnya. (afi)

Berita Terkait