Rekapitulasi Pemilu 2019

Rekapitulasi Pemilu 2019

  Jumat, 3 May 2019 10:45
PLENO: Komisioner KPU Kabupaten Mempawah saat menggelar rapat pleno

Berita Terkait

KPU Mempawah Gelar Pleno 

MEMPAWAH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019, Kamis (2/5) pagi di Wisata Nusantara, Desa Penibung. Dihadiri para pejabat daerah dan pimpinan parpol, rapat pleno dipimpin Ketua KPU, M Agoes Soesanto.

“Alhamdulillah, seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Mempawah telah menyelesaikan proses rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2019 diwilayah kecamatan masing-masing,” ujar Agoes.

Pada Pemilu 2019 ini, Agoes mengungkapkan, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Mempawah berjumlah 827 lokasi yang tersebar di 67 desa dan kelurahan. Dari 9 wilayah, PPK terakhir yang menyelesaikan proses rekapitulasi yakni Kecamatan Sungai Pinyuh. “Karena memang jumlah TPS di Kecamatan Sungai Pinyuh terbanyak di Kabupaten Mempawah yakni sebanyak 163 lokasi,” paparnya.

Secara umum, Agoes mengatakan, penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Mempawah berjalan tertib, aman dan lancar. Mulai dari proses pemungutan dan perhitungan suara di tingkat TPS hingga kecamatan.

“Suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019 ini tidak lepas dari peran serta dan partisipasi dari seluruh stake holder dan masyarakat Kabupaten Mempawah. Terutama aparat keamanan dari Polres Mempawah dan Kodim 1201/MPh yang telah mengawal dan mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2019,” tuturnya.

Lebih jauh, Agoes menyebutkan, beberapa hari terakhir ini kerap diberitakan tentang petugas penyelenggara Pemilu 2019 yang jatuh sakit hingga meninggal dunia. Baik yang disebabkan mengalami kecelakaan hingga kelelahan dalam proses tahapan Pemilu 2019.

“Informasi terakhir yang saya terima, sudah ada 300 petugas yang meninggal dunia. Belum lagi petugas yang jatuh sakit dan sedang dalam perawatan medis jumlahnya cukup besar. Kami juga sedang melakukan pendataan terhadap petugas di Kabupaten Mempawah dan akan kita laporkan ke provinsi dan pusat,” katanya.

Merujuk pada PKPU Nomor 10/2019 tentang tahapan, program dan jadwal perhitungan perolehan suara Pemilu 2019 ditingkat kabupaten akan dilaksanakan sejak tanggal 20 April-7 Mei 2019. “Maka, KPU Kabupaten Mempawah menjadwalkan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 akan dilaksanakan sejak tanggal 2-4 Mei nanti,” ucapnya.

Sesuai PKPU Nomor 4/2019 pasal (37), tambah Agoes, KPU Kabupaten/Kota  melaksanakan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara dan pasal (48) menetapkan hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota berdasarkan berita acara rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara.

“Artinya wewenang KPU Kabpaten/Kota pada rapat pleno ditingkat kabupaten hanya menetapkan hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk hasil perhitungan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD Provinsi, KPU kabupaten hanya melakukan rekapitulasi. Sedangkan, penetapannya menjadi kewenangan KPU Provinsi dan KPU RI,” pungkasnya.

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Mempawah dihadiri Wakil Bupati, H Muhammad Pagi, Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, S.Ik, Dandim 1201/MPh, Letkol Arm Anom Wirasunu, Komisioner KPU, Bawaslu, PPK dan pimpinan Parpol di Kabupaten Mempawah. (wah)

Berita Terkait