Reforma Agraria Atasi Kemiskinan Pedesaan

Reforma Agraria Atasi Kemiskinan Pedesaan

  Kamis, 1 September 2016 13:09

Berita Terkait

PONTIANAK-Kantor Staf Presiden mengadakan kegiatan semiloka persiapan reforma agraria untuk mengatasi kemiskinan pedesaan yang dilaksanakan di Hotel Aston, Kamis (1/9). Dalam kegiatan tersebut dihadiri dinas dan beberapa lembaga pendukung kegiatan untuk bersama membicarakan soal reforma agraria.

Noer Fauzi Rachman mewakili Kantor Staf Presiden mengatakan, baru-baru ini Presiden Joko Widodo menyelenggarakan rapat terbatas kabinet dengan tema reforma agraria. Secara khusus presiden melansir reforma agraria sebagai kebijakan terobosan untuk mengatasi kemiskinan di pedesaan.

Kata dia, Presiden Joko Widodo meminta perhatian khusus pada upaya mengatasi kemiskinan di pedesaan. Dalam upaya pemerintah menuntaskan masalah kemiskinan di pedesaan diatasi dengan menggunakan berbagai pendekatan, mulai dari percepatan infrastruktur di pedesaan, optimalisasi dana desa untuk sektor produktif, maupun memperluas akses permodalan melalui kredit usaha rakyat.

Tambahnya, presiden berharap melalui reforma agraria dapat menjadi cara baru untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan ekonomi, khusunya di pedesaan.  Menurutnya semangat reforma agraria adalah terwujudnya keadilan dalam penguasaan tanah, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah, wilayah dan sumber daya alam. Reforma agraria juga harus bisa jadi cara baru menyelesaikan sengketa agraria antar masyarakat dengan perusahaan, antar masyarakat dengan pemerintah.(iza)

Berita Terkait