Real Madrid vs Barcelona, Bola Panas Los Blancos

Real Madrid vs Barcelona, Bola Panas Los Blancos

  Sabtu, 21 November 2015 11:07

Berita Terkait

MADRID - Tidak ada lagi tempat yang nyaman bagi Real Madrid. Sekalipun di kandang sendiri, Estadio Santiago Bernabeu, Madrid. Kedatangan pemuncak klasemen Barcelona pada laga El Clasico ke-263 dini hari nanti menjadi penyebab kegusaran Real yang belum tumbang di kandang sejak 11 Maret 2015 lalu.

            Di papan klasemen sementara La Liga hingga Jornada 11, keduanya hanya terpaut satu kemenangan. Barca di puncak dengan 27 angka disusul Los Blancos dengan koleksi 24 angka. Dengan kata lain, El Clasico juga bisa menjadi momentum bagi Real untuk menyamakan poinnya.

            Bisakah itu? Lupakan factor Santiago Bernabeu yang sudah pernah dipecundangi Barca sebanyak 33 kali sepanjang sejarahnya. Menggilanya performa La Blaugrana saat di La Liga jadi kuncinya. Empat laga terakhir, tidak sekalipun angka diberikan Barca ke tim lawan.

            Rasio 3,25 gol per game yang dicatatkan Andres Iniesta dkk menjadi ancaman paling berbahaya bagi El Muro - julukan defense Real. Bandingkan dengan Real yang hanya bisa memenangi tiga dari empat pertandingan terakhirnya dengan rasio 2,75 gol per game.

            “Saya siap untuk pertarungan ini,” koar attacking midfielder Real, Gareth Bale sebagaimana dikutip dari Mirror. Bale menjadi satu di antara tiga pemain lini serangan Real yang siap tampil untuk laga tersebut. Dua lainnya adalah Cristiano Ronaldo di sisi kiri dan James Rodriguez di sisi kanan.

            Dengan kondisi Karim Benzema yang masih meragukan, maka kemungkinan ada dua opsi formasi dimainkan Real. Memainkan Jese sebagai pengganti Benzema dengan formasi 4-2-3-1 dan menempatkan Bale di belakang Jese. Atau, melanjutkan formasi 4-3-3 dengan Ronaldo sebagai ujung tombak.

            Bale menyebut terlalu dini apabila menganggap Real bakal kesulitan menhadapi Barca. Menurutnya, musim ini Real baru sekali menelan kekalahan. Sedangkan Barca dua kali tumbang. “Kami masih bisa bermain lebih baik lagi, dan itu akan kami lanjutkan sampai bisa memenangi persaingan La Liga musim ini dengan Barca,” tuturnya.

            Menang memang harga mati yang diinginkan Real. Walaupun tidak akan menjadi laga penentu juara La Liga musim ini, Mundo Deportivo dengan terbuka menganggap El Clasico akan jadi ukuran layak atau tidaknya Benitez berada di belakang kemudi klub ibukota itu.

            Dilaporkan, Presiden Florentino Perez tidak bahagia dengan performa Real pada musim ini. Bukan dari hasil akhir, melainkan dari bentuk permainannya. Permainan Real yang cenderung defensive tidak disukai Perez. “Kalah, berarti Benitez harus pergi,” begitu bunyi laporan Mundo Deportivo.

            Nama-nama pengganti Benitez sudah banyak dimunculkan media-media Negeri Matador itu. Salah satunya menaikkan pangkat Zinedine Zidane yang sementara ini masih membesut Real Madrid Castilla. “Tenang saja, kami akan bermain menyerang di El Clasico,” sebut Benitez, dalam konferensi persnya tadi malam.

 

            Dilansir dari Marca, Benitez mencoba untuk meredam kekhawatiran fans Real akan menggilanya duet Neymar da Silva Santos Jr dan Luis Suarez di El Clasico. Dua pemain ini sudah terbukti menjadi penentu kemenangan Barca dengan torehan 20 gol di musim ini.

            Neymar dengan 11 gol, dan Suarez dengan sembilan gol. “Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami hanya fokus dengan sisi mana yang akan kami jaga sebaik-baiknya. Kami punya the winning team, ini tugas mereka,” ungkap mantan pelatih Napoli dan Liverpool itu.

            Sementara, Barca tidak mau kehilangan momentum terbaiknya setelah kehilangan Lionel Messi sejak Jornada 6 lawan Las Palmas (26/9). Ketakutan Messidependencia sudah mampu diatasi dalam lima Jornada terakhir. Lagi-lagi dari Neymar dan Suarez-lah peran Messi itu mampu ditutup.

            Ada kemungkinan, Messi bisa comeback di laga ini sebagai pengganti setelah hampir dua bulan absen. Sebagaimana dilansir dari AS, kapten Andres Iniesta menyebut bahwa ada atau tidaknya Messi tidak bisa jadi patokan siapa pemenang dari pertandingan ini.

            Laga El Clasico menurutnya tidak bisa diprediksikan siapa pemenangnya. “Apa dengan unggul di papan klasemen jadi jaminan? Tidak ada garansi untuk itu. Kedua tim punya pemain berkualitas dunia, keduanya akan memberikan performa terbaiknya di lapangan,”ucapnya.

            Iniesta tidak menganggap Real sedang dalam posisi lemah. Dalam analisanya, Real bisa memberinya kejutan seperti saat Barca dipecundangi Celta Vigo (24/9) dan Sevilla (3/10). Keduanya terjadi di kandang lawan. “Apalagi Real tim yang powerful, bermain di depan fansnya sendiri akan jadi kekuatan tambahan mereka,” tegasnya. (ren)

 

Logo: LA LIGA

 

Siaran Langsung RCTI, Minggu (22/11) Pukul 00.15 WIB

Stadion: Santiago Bernabeu

Wasit: Fernández Borbalán

 

 

 

PERKIRAAN PEMAIN

 

Madrid (4-3-3): 1 Navas; 23 Danilo, 2 Varane, 4 Ramos, 12 Marcelo; 19 Modric, 14 Casemiro, 8 Kroos; 10 James, 7 Ronaldo, 11 Bale

 

Pelatih: Rafa Benitez

 

 

 

Barca (4-3-3): 13 Bravo; 6 Alves, 3 Pique, 14 Mascherano, 18 Alba; 20 Sergi, 5 Busquets, 8 Iniesta; 10 Messi, 9 Suarez, 11 Neymar

 

Pelatih: Luis Enrique

 

 

 

Tiga laga terakhir Madrid

 

31/10/15          La Liga                            Real Madrid 3 – 1    Las Palmas

 

04/11/15          Liga Champions                            Real Madrid 1 – 0    PSG

 

09/11/15          La Liga                                    Sevilla              3 – 2    Real Madrid

 

 

 

Tiga laga terakhir Barca

 

01/11/15          La Liga                                    Getafe              0 – 2    Barcelona

 

05/11/15          Liga Champions                            Barcelona     3 – 0    BATE

 

08/11/15          La Liga                                    Barcelona         3 – 0    Villarreal

 

 

 

Lima pertemuan terakhir

 

23/03/15          La Liga                            Barcelona     2 – 1    Real Madrid

 

25/10/14          La Liga                            Real Madrid 3 – 1    Barcelona

 

17/04/14          Copa del Rey                          Barcelona         1 – 2    Real Madrid

 

24/03/14          La Liga                            Real Madrid 3 – 4    Barcelona

 

26/10/13          La Liga                            Barcelona     2 – 1    Real Madrid

 

 

Berita Terkait