Ratusan Pejabat Eselon III dan IV Ikut Bimtek

Ratusan Pejabat Eselon III dan IV Ikut Bimtek

  Rabu, 7 September 2016 09:59
DISIPLIN: Sekda Mochrizal ketika membuka kegiatan bimtek disiplin pegawai. Wahyu/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH– Meningkatkan prestasi, kinerja, dan disiplin PNS, Pemerintah Kabupaten Mempawah melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, Selasa (6/9) di Aula Kantor Bupati Mempawah. Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah, Mochrizal itu diikuti 106 pejabat eselon III dan IV.

 “Diterbitkannya PP 53 Tahun 2010 sebagai langkah awal untuk menciptakan aparatur yang profesional. Pemerintah Kabupaten Mempawah pun telah menerapkan peraturan tersebut sejak awal diterbitkan. Namun, dalam praktiknya masih terdapat sejumlah satuan kerja perangkat daerah yang belum memahami pelaksanaan peraturan itu,” tutur Mochrizal.

Karenanya, Mochrizal menilai pentingnya pelaksanaan bimtek di samping bertujuan meningkatkan prestasi dan kinerja serta disiplin PNS, juga untuk meningkatkan kualitas PNS dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan. Seiring meningkatnya tuntutan masyarakat dan dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi.

 “Semakin majunya teknologi dan informasi, PNS dituntut selalu mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan sebaik mungkin. Maka dari itu diperlukan aparatur yang handal dan berkualitas untuk melaksanakan kinerja yang baik,” pendapatnya.

Dalam pelaksanaan bimtek tersebut, Mochrizal mengatakan, mengupas tuntas masalah disiplin pegawai. Begitu pula terkait penilaian prestasi kerja PNS setiap tahunnya. Termasuk, membahas Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Kriteria Penetapan Kecelakaan Kerja, Cacat, dan Penyakit Akibat Kerja serta Kriteria Penetapan Tewas Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

 “Karena banyaknya aturan yang harus kita ketahui dan kuasai, maka kami berharap para peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini dengan tekun dan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Lebih jauh, Mochrizal menilai, lemahnya penerapan peraturan yang ada menjadi salah satu kendala dalam pelaksanaan reformasi birokrasi. Karena itu, dia mengingatkan seluruh PNS Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk memahami peraturan yang ada agar dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik.

 “PNS harus mempunyai komitmen, integritas, loyalitas, dan profesional. Ilmu dari bimtek ini kita harap memberikan dampak positif berupa semangat kerja baru guna mewujudkan aparatur yang memiliki imtegritas dan semangat pelayanan optimal kepada masyarakat. Mari kita bekerja dengan hati, sepenuh hati, tetapi juga harus tetap berhati-hati dalam setiap pelaksanaan tugas,” tukasnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Mempawah, Wadiarti menjelaskan, bimtek tersebut akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 6-8 September. “Narasumber yang kami hadirkan dalam kegiatan bimtek ini langsung dari Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara,” singkatnya.(wah)     

Berita Terkait