Raker APEKSI Regional Kalimantan; Sinergi Majukan Sektor Pariwisata Daerah

Raker APEKSI Regional Kalimantan; Sinergi Majukan Sektor Pariwisata Daerah

  Kamis, 27 September 2018 16:45

Berita Terkait

PONTIANAK-Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan dalam mengembangkan sektor pariwisata diperlukan sinergisitas antar lembaga dan daerah. Hal tersebut dikatakan saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) ke-4 Komwil V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan di Singkawang, Kamis (27/9).

Edi mengatakan, pemerintah pusat melalui kementerian, lembaga dan Badan Ekonomi Kreatif serta komunitas bisa berkolaborasi menguatkan sektor pariwisata karena saling mempunyai keterkaitan. “Kerjasama dengan daerah adalah bagaimana kita bersinergi dengan daerah-daerah sekitar untuk memperkuat sektor pariwisata,” sebutnya.

Ia menilai infrastruktur dalam rangka menunjang sektor pariwisata sangat penting. Sebab peningkatan kualitas infrastruktur yang ada semaksimal mungkin bertujuan memperkuat sektor pariwisata. 

Menurutnya, Pontianak memiliki potensi yang cukup besar dalam pengembangan sektor pariwisata. Adapun konsep yang cocok untuk dikembangan diantaranya ekowisata, seni dan budaya, kuliner serta Sungai Kapuas yang menjadi ikon Kota Pontianak. “Dan masih banyak lagi potensi-potensi yang bisa dilirik pelaku usaha bidang pariwisata untuk dijual ke wisatawan,” imbuhnya.

Di tempat sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Syarif Saleh mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerjasama antar kabupaten/kota di sektor pariwisata. Kerjasama ini dalam rangka saling mendukung setiap agenda atau kegiatan pariwisata di daerah masing-masing. “Kerjasama misalnya antara Pontianak dengan Singkawang, dengan perbaikan infrastruktur untuk mendukung sektor pariwisata,” ucapnya.

Selain itu, kerjasama antar daerah juga dilalukan dengan saling menginformasikan berbagai even atau kegiatan pariwisata di daerah masing-masing. Dengan kerjasama ini diharapkan jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat. “Sehingga mendorong perekonomian daerah dan masyarakat juga ikut merasakan dampaknya,” katanya.

Potensi wisata di Pontianak, lanjut dia, banyak yang bisa dikembangkan. Salah satunya wisata air atau sungai. Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan kapal wisata yang dimiliki Damri sebagai sarana river city tour atau tur wisata sungai. “Jadi wisatawan bisa menikmati wisata sungai menyusuri Sungai Kapuas menuju obyek wisata Tugu Khatulistiwa, Istana Kadriyah dan Makam Batulayang,” jelasnya.

Sementara untuk transportasi di darat, bisa menggunakan bus wisata ke berbagai destinasi yang ada di Pontianak. 

Untuk memikat daya tarik wisatawan, pihaknya  bekerjasama dengan komunitas menggelar pekan seni dan budaya setiap akhir pekan atau malam minggu. Hotel-hotel juga mendukung dengan menginformasikan agenda pagelaran seni dan budaya tersebut melalui layar televisi yang ada di hotel mereka.Tempat-tempat pagelaran seni dan budaya diantaranya Taman Catur, Taman Digulis, Taman Alun Kapuas.(iza)

Berita Terkait