Raih Nilai Tertinggi, Harumkan Nama Sekolah

Raih Nilai Tertinggi, Harumkan Nama Sekolah

  Kamis, 16 June 2016 09:19
DIABADIKAN BERSAMA: Kepala SMPN 3 Ketapang H Masrik SPd diabadikan bersama dewan guru SMPN 3 Ketapang. (kanan) Siswa peraih nilai tertinggi se-Kabupaten Ketapang, Angga Tri Saputra, menerima penghargaan dari sekolah. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Angga Tri Saputra, salah satu siswa Sekolah  Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Ketapang meraih nilai tertinggi se-Kabupaten Ketapang dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP/MTs/SMPT sederajat TA 2015/2016. Dari empat mata pelajaran yang di-UN-kan, Angga Tri Saputra meraih nilai tertinggi dengan total nilai 374. Angka tersebut diperoleh dari nilai rata-rata mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai 98,0, Bahasa Inggris (86,0), Matematika (9,5), dan Ilmu Pengatahuan Alam (IPA), 92,5. Sedangkan untuk nilai tertinggi kedua diraih  Tasya Afrida Hendriana dengan total nilai 367, disusul tertinggi ketiga diraih Kent Gowell dengan nilai 363,5.

Menurut kepala SMPN 3 Ketapang, H Masrik SPd, prestasi siswanya dalam UN TA 2015/2016 ini merupakan kerja keras para dewan guru. Merekalah, yang diakui dia, selama ini terus memberikan bimbingan kepada para siswa yang akan melaksanakan UN. “Alhamdulillah tahun ini siswa kami meraih nilai tertinggi se-Kabupaten Ketapang dan lulus 100 persen,” ungkapnya. 

Masrik juga menjelaskan, untuk meraih prestasi tersebut, para dewan guru dan siswa kelas IX harus memulai jam pelajaran lebih awal dari biasanya. Dari Senin – Kamis, diungkapkan dia bagaimana mereka harus datang lebih awal dari biasanya. Karena, dia beralasan, pukul 06.00 – 07.00 WIB, para siswa harus mengikuti pelajaran tambahan yang di-UN-kan. “Setelah itu belajar seperti biasanya,” timpal dia. 

Selain itu, SMPN 3 Ketapang, diakui dia, juga mempunyai trik sendiri untuk memotivasi guru dan siswa, agar meraih prestasi berupa pemberian hadiah khusus bagi siswa dan guru yang berprestasi. Kemudian dalam penerimaan siswa baru setiap tahun, dia juga menjelaskan bahwa SMPN 3 Ketapang memiliki standar tinggi dengan menyeleksi nilai evaluasi murni (NEM) calon siswa, memiliki prestasi baik dari sains maupun olahraga. Sehingga, harapan dia, kualitas sekolah selalu terjaga baik. “Kami berharap tahun depan siswa dan SMPN 3 Ketapang meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” harapnya.

Juwarsi Sukraningsih SPd, salah satu guru SMPN 3 merasa bersyukur atas prestasi Angga Tri Saputra yang meraih nilai tertinggi se-Kabupaten Ketapang. Karena, menurutnya, prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras para guru dan siswa yang selalu berupaya secara maksimal, untuk memberikan les tambahan untuk empat mata pelajaran yang di-UN-kan. 

“Semoga ke depannya mereka terus berprestasi, dan menjadi generasi penerus bangsa yang baik,” harapnya.

Angga Tri Saputra merasa bangga atas prestasi yang diraihnya. Karena dengan prestasi tersebut, dia telah mengharumkan nama baik sekolah. Dia juga berharap, hasil yang diraihnya tersebut dapat memotivasi kepada adik-adik kelasnya yang tahun depan akan melaksanakan UN juga. “Saya mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua dan kepada seluruh guru yang selama ini mendidik dan membimbing kami dengan penuh kesabaran, keikhlasan, dan penuh perhatian. Semoga tahun depan SMPN 3 Ketapang lebih baik lagi,” harapnya. (pms/pk)

Berita Terkait