Raih Empat Penghargaan, Untan Boyong Piala Bergilir

Raih Empat Penghargaan, Untan Boyong Piala Bergilir

  Senin, 5 November 2018 09:26
MENANG : Perwakilan Universitas Tanjungpura berhasil meraih piala bergilir dalam Festival Tari Borneo VII 2018 yang berlangsung belum lama ini. ISTIMEWA

Berita Terkait

Perwakilan Universitas Tanjungpura berhasil meraih piala bergilir dalam Festival Tari Borneo VII 2018 yang berlangsung belum lama ini. Kegembiraan 15 penari dari Universitas Tanjungpura yang mewakili Indonesia di ajang bergengsi itu masih tampak. Perjuangan mereka akhirnya menuai sukses setelah meraih empat penghargaan sekaligus dalam lomba yang diikuti 13 peserta utusan universitas bergengsi Indonesia, Malaysia, dan Brunai Darussalam.

Pada kategori musik, Untan meraih juara 1, mengalahkan Universitas Lambung Mangkurat, dan universitas di Sabah. Pada kategori kostum terbaik, kembali Untan Unggul, dan di posisi dua ada Universitas Palangkaraya, dan di posisi tiga ada UITM Sabah. "Kami juga mendapatkan penghargaan koreografer terbaik dan anugerah utama," papa Imma Fretisari, Dosen Untan yang mendampingi peserta lomba ini. 

Berbagai persiapan telah dilakukan sebelum festival berlangsung. Mulai dari pemilihan penari, penggarapan konsep, hingga penentuan jadwal latihan.Ini menjadi tantangan tersendiri untuk menghasilkan tampilan yang maksimal.  "Kami membaca trik tiap-tiap peserta lomba yang memang terdiri dari universitas ternama. Disitu paling menegangkan apalagi ketika akhirnya Untan bisa meraih empat piala," katanya.

Pada festival tersebut, Untan memilih tema nuansa melayu, dengan judul tarian Ndoulang Ammas. Berbeda tahun sebelumnya  yang mengambil tema nuansa Dayak. "Kami membawakan tema nuansa Melayu dengan judul Ndoulang Ammas dari Bahasa Melayu Sambas. Kami menceritakan bagaimana masyarakat mendulang emas," ujarnya.

Untan pun menyajikan keunikan masyarakat Melayu dalam balutan tarian yang khas ditambah ragam kejutan kostum dan properti sehingga membuat kagum para penonton dan dewan juri. Tuan rumah dalam kegiatan ini adalah University Putra Malaysia Kampus Bintulu Sarawak (UPMKB Sarawak). Rencananya, dua tahun lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah, tepatnya di  Univeritas Borneo Tarakan Kalimantan Utara Indonesia. (mrd)

Berita Terkait