Raih 7 Manfaat Kesehatan dari Minuman Biji Selasih

Raih 7 Manfaat Kesehatan dari Minuman Biji Selasih

  Selasa, 11 June 2019 11:00

Berita Terkait

Biji selasih seringkali ditemukan dalam minuman segar seperti es teler atau es kuwut. Bukan sekadar hiasan, biji selasih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Secara ilmiah, biji selasih dikenal sebagai Ocimum basilicum. Biji selasih memiliki konsentrasi senyawa kuat dan bahan aktif yang kaya untul kesehatan. Dilansir dari Organic Facts, Selasa (11/6), beberapa kandungan aktif utama dalam biji selasih adalah serat makanan, vitamin K, zat besi, protein, fitokimia, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, dan antioksidan kuat lainnya.

Cara mudah membuat minuman biji selasih sendiri di rumah yakni cukup tambahkan 1/2 cangkir biji selasih ke smoothie buah atau segelas jus. Atau konsumsi biji-bijian ini adalah dengan menambahkan ½ gelas ke segelas air.

Biji selasih biasanya akan membesar hingga sekitar 10x volume aslinya dan melepaskan lebih banyak antioksidan serta nutrisi. Jika diminum adalah cara yang lebih sehat untuk mengonsumsi biji selasih daripada memakannya kering, lalu apa saja khasiatnya?

Turunkan Berat Badan

Biji selasih memiliki serat yang sangat tinggi, yang berfungsi untuk membuat Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan atau mengemil di antara waktu makan. Selain itu, ketika biji-biji itu dicerna ukurannya akan membengkak dari ukuran aslinya, secara fisik membuat Anda kenyang.

Kadar Kolesterol Lebih Rendah

Penelitian telah menunjukkan bahwa biji selasih terkait dengan penurunan kadar LDL atau kolesterol jahat, yang berarti risiko yang lebih rendah dari osteosklerosis dan deposisi plak di arteri dan pembuluh darah. Ini juga akan mengurangi ketegangan pada jantung dan mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Kontrol Tekanan Darah

Penelitian telah menemukan bahwa tingkat kalium dalam biji selasih cukup mempengaruhi tekanan darah. Efek hipotensi ini karena potasium adalah vasodilator, artinya dapat meredakan ketegangan di pembuluh darah, sehingga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Tingkatkan Kesehatan Tulang

Dengan beragam mineral dalam biji selasih, termasuk zat besi, kalium, tembaga, kalsium, mangan, dan magnesium, akan membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Sehingga akan menurunkan risiko terkena osteoporosis, membuat seseorang merasa muda, dan kuat seiring bertambahnya usia.

Kontrol Gula Darah

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa bahan aktif seperti serat makanan yang ditemukan dalam biji selasih mampu mengendalikan kadar gula darah. Bagi orang yang menderita diabetes tipe 2, biji selasih baik untuk mengendalikan insulin dan kadar glukosa. Segelas air dengan biji selasih di pagi hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sepanjang hari.

Menghilangkan Stres

Jika pikiran berpacu dan tingkat stres terus menanjak, segelas air yang diisi dengan biji selasih merupakan solusi cepat dan sederhana untuk kecemasan.

Tingkatkan Penglihatan

Mengingat biji-biji ini mengandung vitamin A dalam jumlah besar, maka bisa untuk membantu mengatasi gangguan penglihatan atau mereka yang tingkat stres oksidatifnya tinggi. Vitamin A bertindak sebagai antioksidan kuat di retina, mencegah perkembangan katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah/Jawa Pos

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Berita Terkait