Rafael dan Vanessa Akan Wakili Kalbar Ke OSN di Yogyakarta

Rafael dan Vanessa Akan Wakili Kalbar Ke OSN di Yogyakarta

  Senin, 20 May 2019 16:09
OLIMPIADE : Rafael dan Vanessa didampingi guru pembimbing Mega dan Susanto.

Berita Terkait

PONTIANAK- Rafael Vincent Simon, siswa SD Plus Gembala Baik Pontianak dan Vanessa, Siswi Kelas Bilingual SMP  Gembala Baik Pontianak akan mewakili Kalimantan Barat pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Yogyakarta. Keduanya mengikuti olimpiade matematika. 

Rafael merupakan salah satu dari beberapa siswa SD Plus Gembala Baik yang mengikuti ekstrakurikuler olimpiade di sekolah. Setiap Sabtu, selama satu setengah jam Rafael dan teman-temannya dilatih tentang soal-soal olimpiade dan lomba matematika. 

Desember 2018 lalu, pihak sekolah melakukan seleksi dan Rafael terpilih untuk OSN tingkat kecamatan. Prestasi membanggakan siswa kelas 5 ini. Di tingkat kecamatan meraih juara satu, di tingkat kota juara dua, dan di tingkat provinsi lolos mewakili Kalbar. 

Mega Sulastri, Guru Pembimbing Rafael mengatakan Rafael memang memiliki kemampuan matematika yang baik. Soal hitungan, Rafael jarang sekali melakukan corat coret di kertas. Ia bisa menghitung dengan cepat. Termasuk anak yang tekun.  Semangat berprestasi dan berkompetisi ditunjukkan siswa berkacamata ini. Rafael menjadi siswa ke dua yang mewakili SD plus Gembala Baik ke tingkat nasional.

“Dua tahun lalu, ada siswa kami yang lolos juga, waktu itu di Riau,” kata dia. 

Rafael tak hanya minat di matematika, tetapi dia juga aktif mengikuti berbagai lomba matematika. Tantangan demi tantangan ia lewati sehingga semakin menambah semangat, dan kemampuannya dalam berkompetisi. “Sudah sering ikut lomba sih. Kadang-kadang dapat juara. Targetnya nanti bisa meraih juara di tingkat nasional,” ungkap Rafael. 

Vanessa, alumni SD Plus Gembala Baik yang sekarang duduk di bangku kelas tujuh SMP Gembala Baik ini juga memiliki prestasi yang membanggakan sejak SD. Saat seleksi terbuka OSN yang diikuti kelas tujuh dan delapan, ternyata Vanessa lolos mewakili sekolahnya. Di tingkat kota dan provinsi, Vanessa unggul di peringkat satu dan berhak mewakili provinsi.

Susanto, Guru Pembimbing Vanessa mengatakan tantangan yang dialami Vanessa akan berbeda saat dia mengikuti olimpiade SD. Lompatan materi dari SD ke SMP sangat jauh, banyak materi baru yang harus dipelajari, bahkan mendekati pelajaran tingkat SMA. Ini menjadi tantangan tersendiri  bagi Vanessa yang pernah meraih medali perak saat duduk di sekolah dasar. 

Vanessa pun mulai meningkatkan pelatihan baik dari sekolah mau pun di luar sekolah. Vanessa pun menyadari tantangan di tingkat SMP jauh lebih rumit. Soal-soal yang keluar saat di tingkat provinsi lebih sulit tetapi ia berhasil melaluinya dengan baik. “Persiapan untuk ke nasional ini belajar lebih banyak lagi. Lebih sering melakukan latihan-latihan. Targetnye bisa juara,” kata Vanessa.(ser)

Berita Terkait