Puting Beliung Hantam Rumah Warga

Puting Beliung Hantam Rumah Warga

  Minggu, 24 January 2016 07:34
Akibat terjanhan angin puting beliung yang pernah melanda Kalbar beberapa waktu lalu. FOto JPNN

Berita Terkait

PONTIANAK-Hujan lebat disertai angin kencang Sabtu (23/1) mengakibatkan 18 rumah warga di Kecamatan Pontianak Timur rusak. Tidak hanya atap rumah, puting beliung turut merusak kubah masjid.

Kepala BPBD Kota Pontianak, Aswin Taufik menuturkan, kejadian angin puting beliung terjadi setengah lima sore. Saat itu hujan lebat disertai angin kencang. Saking kencang membuat 18 atap rumah milik warga di Pontianak Timur berterbangan. "Sedikitnya ada 18 rumah rusak ringan dihantam puting beliung. 1 diantaranya ruko di Pasar Seruni," terangnya. Lokasinya terletak di Jalan Ya Sabran, Gang 86 dan Gang Bakti total 5 rumah sedangkan di Gang Madrasah 1 rumah. Sambungnya, di Gang pemuda 1 rumah, di Kelurahan Saigon tepatnya di Jalan Tekam 3 rumah rusak. Dari 3 rumah 1 rusak berat. Angin kencang juga menghantam 8 rumah di Komplek Bahari Mas rusak. 4 diantaranya rusak berat.

Tidak hanya rumah dan ruko, puting beliung juga merusak satu kubah masjid di wilayah Pontianak Timur. Sampai berita ini diturunkan, pihaknya masih mendata kerusakan akibat puting beliung.Menurut data dari petugas, kerusakan yang terjadi tidak sampai memakan korban. Hanya saja atap yang melayang itu memang banyak rusak. "Kami tengah mendata. Kami akan memberi bantuan atap bagi rumah warga yang terkena musibah ini," ungkapnya.

Masyarakat yang rumahnya terkena puting beliung saat ini telah dipasang terpal yang diberikan Dinas Sosial. "Relawan, tagana dan petugas BPBD sudah memasang terpal. Itu dilakukan sebagai antisipasi apabila turun hujan," katanya.Angin puting beliung memang tidak bisa diprediksi. Namun ada tanda tandanya. Diantaranya ada suara petir cukup keras diiringi hujan lebat dan angin kencang. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan antisipasi agar ketika kejadian masyarakat bisa meminimalisir dan mengamankan diri.

Perubahan musim el nino ke la nina juga membuat curah hujan tahun ini menjadi tinggi, di mana la nina akan lebih banyak hujan Pihaknya selalu mengantisipasi ini dengan berkoordinasi dengan pihak swasta dan relawan agar ketika terjadi bencana cepat ditangani petugas.(iza)

Berita Terkait