Puskesmas Senaning Segera Beroperasi

Puskesmas Senaning Segera Beroperasi

  Kamis, 20 September 2018 10:36
TINJAU: Bupati Sintang melakukan peninjauan terhadap Puskesmas Senaning yang terletak di perbatasan Indonesia dan Malaysia, Selasa (18/9). HUMAS PEMKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG-Puskesmas Senaning yang terletak di wilayah perbatasan antara Indonesia-Malaysia, tepatnya di di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu, Sintang, tengah memantapkan diri. Dalam waktu dekat, puskesmas ini akan difungsikan sebagai pusat pelayanan kesehahatan bagi masyarakat di perbatasan. Beberapa fasilitas pendukung saat ini sedang dilengkapi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, mengungkapkan bahwa saat ini puskesmas tersebut belum dapat difungsikan seban masih perlu sedikit pembenahan. Karena itu pula pelayana kesehatan saat ini masih di puskesmas lama. 

“Puskesmas ini masih dalam persiapan untuk kita fungsikan. Puskesmas yang baru ini masih kita bersih-bersihkan dulu, terlwbih saat ini masih kekurangan sumber air seperti belum tersedianya sumur bor,” katanya, Selasa (18/9).

Meski dari segi bangunan, diakuinya telah selesai, namun masih perlu penambahan fasilitas lainnya. Dia pun berjanji, kekurangan-kekurangan tersebut akan segera terpenuhi agar dapat dioperasikan dengan segera.

Puskesmas tersebut, kata dia, dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun Anggaran 2017.  Sumbernya, yakni dari Kementrian Kesehatan yang diberikan kepada Dinas Kesehatan Sintang untuk dan dibangun puskesmas di wilayah perbatasan. “Salah satunya Puskesmas Senaning ini,” tembahnya. 

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengungkapkan, puskesmas yang dibangun di wilayah perbatasan sangatlah strategis. Puskesmas ini, menurutnya, mejadi percontohan puskesmas di perbatasan. Di Sintang, setidaknya ada dua puskesmas yang menjadi percontohan. “Yang pertama dibangun di Nanga Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah, dan yang kedua di bangun di Desa Sungai Pisau, Kecamatan Ketungau Hulu,” sebutnya. 

Dengan adanya puksesmas Senaning ini, dia meyakini akan banyak tenaga medis yang ingin mengabdi di perbatasan. Mulai dari dokter, perawat, maupum bidan. Mereka menurutnya harus siap mengabdi di perbatasan. 

Karena itulah, dia meminta meminta agar pembangunan Puskesmas Senaning segera dirampungkan. “Puskesmas Merakai sudah kita launching beberapa bulan yang lalu, dan puskesmas di Sungai Pisau Kecamatan Ketungau Hulu ini pun kita targetkan Oktober sudah diresmikan,” pungkasnya. (sti)

Berita Terkait