Puluhan Ekor Arwana Mati Misterius

Puluhan Ekor Arwana Mati Misterius

  Selasa, 26 March 2019 09:03
JADI LAUK: Seorang warga tengah menyiangi ikan arwana yang mati misterius di kolam ikan di Dusun Meliau, Desa Melemba, Kecamatan Batang Lupar, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

PUTUSSIBAU - Puluhan ekor ikan arwana di penangkaran Dusun Meliau, Desa Melemba, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu mati secara mendadak, Senin (25/3) pagi. Dusun Meliau sendiri berada di sekitar Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Peristiwa ini sontak membuat warga sekitar kaget. 

Pasalnya, di malam sebelumnya, ikan yang menyerupai naga itu masih dalam keadaan sehat. “Saya kurang tahu apa penyebabnya. Tadi malam saya cek, semuanya masih dalam kondisi bagus. Tapi pagi mati mendadak,” kata Sodik Asmoro, pemilik tambak, Senin (25/3).

Menurutnya, ikan-ikan yang mati itu merupakan Arwana Silver atau Brazil.  Total yang mati berjumlah 23 ekor dan sebagian besar tengah proses produksi (bertelur). Anehnya, kematian ikan hanya terjadi di kolam miliknya. Sementara dua kolam milik warga lainnya aman.

“Saya juga tidak paham, apakah ini pengaruh cuaca yang ekstrem atau pencemaran air. Di tempat kami sudah ada larangan untuk mencari ikan dengan cara meracun,” ujarnya. Atas peristiwa tersebut, ia pun menderita kerugian lebih dari Rp15 juta. 

Oleh Sodik dan keluarganya, ikan-ikan yang mati secara tak wajar itu akhirnya disiangi untuk menjadi santapan alias dijadikan lauk. Hal ini dilakukan agar ikan-ikan yang mati tersebut tidak semakin mubazir. Padahal, menurut Sodik, ikan Arwana memiliki rasa yang kurang enak. Dagingnya kasar dan berbau amis.

Ikan Arwana jenis ini banyak ditemukan di Brazil dan juga kawasan Amerika Selatan lainnya. Ikan yang biasa dijadikan ikan hias ini hidup di sungai dengan arus tenang dan air sedikit keruh. Gerakan ikan ini juga sangat anggun dan jauh dari kata agresif, kecuali jika sedang mencari makan. Sama seperti ikan Arwana pada umumnya. 

Ikan Arwana Silver memiliki keunikan tersendiri. Selain harganya lebih terjangkau, ikan jenis ini juga bertubuh panjang dan pipih. Tidak heran jika banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai peliharaan (hobi) dan untuk diperjualbelikan. (arf)
 

Berita Terkait