PU Siapkan 16 Kegiatan Proyek

PU Siapkan 16 Kegiatan Proyek

  Senin, 15 April 2019 13:53
SURVEI: Petugas Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu melakukan survei kondisi jalan dan jembatan di daerah perbatasan, tepatnya di simpang Nanga Kantu’ – Jaung. ISTIMEWA

Berita Terkait

Prioritaskan Daerah Perbatasan

PUTUSSIBAU – Pada tahun ini Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu akan menangani sebanyak 16 kegiatan proyek. Hal tersebut dipastikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dedi.

Enambelas kegiatan tersebut dirincikan dia dengan sebelas kegiatan jalan dan empat jembatan. Sementara untuk prioritas mereka masih di daerah perbatasan, yakni pelaksanaan pekerjaan tiga jembatan. “Di daerah perbatasan itu ada dua ruas jalan yang belum ada jembatan. Tahun ini ruas Kantu – Jaung Kecamatan Empanang kita buat tiga jembatan. Harapannya tahun ini semua jembatan di ruas jalan Kantu’– Jaung selesai,” ujarnya.

Dengan tuntasnya pembangunan tiga buah jembatan ruas Nanga Kantu’ – Jaung tersebut nantinya, masyarakat yang dari Nanga Kantu’ jika ingin ke Kecamatan Puring Kencana, diharapkan dia, sudah bisa terlayani dengan baik lewat akses jembatan tersebut.

Selanjutnya pihaknya juga akan menuntaskan ruas jalan Nanga Bunut. Ia memastikan bahwa tahun ini penanganan gambut atau stabilisasi tanah menuju Kecamatan Bunut Hilir tersebut selesai, tinggal dilanjutkan pengerasan. “Jadi tahun ini Bunut Sudah bisa tembus. Setiap tahun memang kita berharap ada ruas jalan yang tuntas,” jelasnya.

Kemudian tahun ini juga mereka akan melanjutkan penanganan pada ruas jalan Kedamin – Manday yang masih rusak. Karena untuk jembatan Nanga Manday – Nanga Embaloh yang menjadi akses utama jalur darat penghubung masyarakat di dua kecamatan itu, dipastikan dia, sudah rampung dan sekarang bisa dilewati. “Harapan kita sebelum lanjut mengerjakan ruas jalan dari Nanga Manday – Nanga Embaloh itu, kita harus tuntaskan dulu jalan Kedamin – Nanga Manday,” tegasnya.

Anggaran untuk pelaksanaan kegiatan ruas Kedamin – Nanga Manday, kata Dedi, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Masih dengan sumber dana yang sama, tahun ini juga mereka akan melaksanakan pekerjaan di jalur selatan Kapuas Hulu yakni dari Boyan Tanjung – Nanga Boyan, Kecamatan Boyan Tanjung. “Nanti juga itu membantu akses jalan dari Nanga Danau – Nanga Bunut. Maka itu kita tangani tahun ini,” pungkasnya.

Mereka sendiri sudah melakukan persiapan teknis terkait pelaksanaan sejumlah kegiatan di tahun 2019 ini. Bahkan, sebelum pelaksanaan kegiatan di lapangan, pihaknya sudah melakukan survei kondisi, perencanaan, dan verifikasi data teknis untuk pelaksanaan kegiatan yang didanai menggunakan DAK. “Sekarang sudah persiapan lelang, berkas sudah kita sampaikan ke ULP, karena sistem lelang sekarang itu online. Mungkin dalam minggu ini ditayang. Jadi bulan Mei mendatang sudah tandatangan kontrak,” pungkasnya. (arf)

Berita Terkait