Proyek Puluhan Juta tak Tepat Sasaran

Proyek Puluhan Juta tak Tepat Sasaran

  Senin, 25 June 2018 10:00
SALURAN BERMASALAH: Abdul Rani, ketua LP3KKU saat memperlihatkan saluran yang dibangun tidak tepat sasaran di Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Jumat (22/6) kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

LP3KKU Soroti Saluran Medan Jaya

TELUK MELANO – Pembangunan Rehab Saluran Medan Jaya dinilai Ketua Lembaga Pengawal Pelaksana Pembangunan (LP3KKU)  Abdul Rani tidak tepat sasaran. Ketidaktepatan tersebut, menurut dia, lantaran lokasi pekerjaan hanya terdapat beberapa perkebunan milik warga.

"Untuk proyek Dinas Pekerjaan Umum,  khususnya di Bidang Pengairan,  ini banyak pekerjaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Seharusnya pekerjaan ini kan harus mengutamakan asas manfaat,  tapi kenyataannya di Simpang Hilir ini banyaknya program galian-galian kebun. Itu kan hanya milik perorangan atau individu," sesalnya  di lokasi pekerjaan Rehab Saluran Medan jaya, di Desa Medan Jaya, Kecamatan Simpang Hilir, Jumat (22/6) kemarin. 

Selain itu, sambung dia, banyak pekerjaan pembangunan yang dikerjakan oleh orang dinas itu sendiri, khususnya di dana swakelola dan dana DAK (Dana Alokasi Khusus). Diakui Rani  jika hal tersebut bukan menjadi hal yang baru,  sehingga memang banyak pekerjaan yang dilaksanakan tidak tepat sasaran. 

"Dana yang menggunakan dana DAK, melalui dana swakelola, ini sebagian besar dikerjakan oleh oknum-oknum di Dinas Pekerjaan Umum, sehingga pekerjaan itu yang penting ada namun asal-asalan," katanya.  

Rani mencontohkan  satu di antara sekian kegiatan proyek yang tidak memiliki asas manfaat ini di antaranya rehab saluran ini. Diakuinya jikak kegiatan proyek yang memakan dana sebesar Rp92.389.000 ini berasal dari aspirasi anggota DPRD setempat.

"Proyek ini, ujung dari galian ini mengarah ke kebun orang, yang menurut saya ini mubazir, walaupun ini merupakan dana aspirasi. Banyak aspirasi-aspirasi dari anggota DPRD Kayong Utara ini  rata-rata saluran, pengairan, bahkan ada saluran yang tahun lalu dikerjakan, pada tahun ini dikerjakan lagi. Kan lucu?" pungkasnya. (dan)

Berita Terkait