Program Unggulan untuk Kemajuan Kalbar

Program Unggulan untuk Kemajuan Kalbar

  Senin, 11 June 2018 10:59
KOMPAK: Calon Gubernur Kalbar, Milton Crosby tampak kompak dengan relawan saat mengunjungi daerah-daerah yang menjadi kantong suara. SUTAMI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SINTANG - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut satu, Milton Crosby mengatakan ada sejumlah program unggulan yang akan direalisasikannya bila terpilih. Penataan infrastruktur, penataan pemerintahan, pengentasan pengangguran dengan penciptaan lapangan pekerjaan baru telah dirancang. Semua itu digagas berdasarkan kebutuhan pembangunan yang menyentuh langsung masyarakat. Kebutuhan bagi percepatan dan pemerataan pembangunan.

Begitu pula dengan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Program pemekaran wilayah tersebut akan menjadi bagian dari komitmen Pasangan Milton-Boyman (Mil-Boy). Pemekaran merupakan salah satu elemen dalam konsep penataan pemerintahan. 

Pasangan yang diusung Gerindra-PAN ini, akan memprioritaskan percepatan pembentukan DOB bagi yang telah mendapatkan Ampres. Begitu pula dengan daerah yang pemekarannya sudah diperjuangkan sejak lama. Mil-Boy siap memfasilitasi sesuai dengan wewenang yang dimiliki Gubernur dan Wakil Gubernur.

Milton juga selalu menyampaikan visinya sebagai Calon Gubernur Kalbar saat bertatap muka dengan masyarakat, yakni mewujudkan Kalbar Era Baru. Konsep Kalbar Era Baru menjadi kerangka acuan bagi kebijakan yang akan dijalankannya bila terpilih. Program-program yang tertuang dalam visi misinya ini mencakup segala sektor dan menyentuh kebutuhan masyarakat, misalnya infrastruktur, pendidikan, kesehatan, penataan ekonomi, dan penataan wilayah.

Menurut Milton, menata kota jauh lebih mudah dibandingkan dengan menata kabupaten dan desa. Menata kabupaten dan desa jauh lebih sulit karena secara geografis kondisi medan atau wilayahnya yang beragam. Namun, pasangan Mil-Boy sarat pengalaman dalam menata kabupaten dan desa. 

Sejak 2005-2015, ada 200 lebih desa baru di Sintang yang berhasil dimekarkan saat Milton menjabat Bupati. Kini hasil dan manfaatnya sudah bisa dinikmati masyarakat. Di kota, kata dia, untuk menuju satu kelurahan ke kelurahan lainnya sangat gampang. Selain jaraknya yang relatif dekat, infrastruktur pun telah terbangun. Sementara di kabupaten, waktu yang diperlukan untuk mengunjungi desa-desa yang ada jauh lebih lama. Meski demikian, Milton sudah terbukti mampu mengurusnya.

Bagi Mil-Boy, jika dirinya sudah mampu menata desa, apalagi kota.  Di mana sekarang ada 200 lebih desa yang telah menerima manfaat pemekaran di masa kepemimpinan Milton di Sintang. Selain itu, pembangunan bandara yang digagasnya pun  kini sudah beroperasi. Keberadaan bandara di Sintang itu menunjukkan bagaimana kelas berpikir dan kelas koordinasi Milton dengan pemerintah pusat. (stm)

Berita Terkait