Program Internasional UM Pontianak

Program Internasional UM Pontianak

  Jumat, 27 July 2018 10:55
DIABADIKAN: Helman Fachri bersama Wakil Rektor dan Dekan diabadikan bersama mahasiswa yang akan mengikuti Program Internasional. FOTO AGUS SULAIMAN

Berita Terkait

Rektor Lepas 6 Mahasiswa ke Luar Negeri

REKTOR Universitas Muhammadiyah Pontianak, H. Helman Fachri, SE MM, Kamis (26/07) kemarin melepas enam Mahasiswa UM Pontianak berangkat ke Luar Negeri untuk mengikuti berbagai kegiatan Internasional. Tiga orang berangkat ke India untuk mengikuti India Global Volunteer yakni program sosial di bidang kesehatan yang berlangsung selama 6 minggu tepatnya di Kota Jaifur India. 

Satu orang ke Taiwan mengikuti program Taiwan Summer Camp yakni program yang berisi kegiatan diskusi, presentasi dan jelajah ilmu dibidang Kesehatan yang berlangsung selama 6 hari. Dan dua orang berangkat ke Thailand untuk magang di Kedubes RI di negeri gajah putih tersebut. Selain melepas enam mahasiswa ke luar negeri, Rektor juga melepas mahasiswa UM Pontianak yang akan mengikuti Joint Summer Program yakni program hibah dari Kemenristek Dikit khusus pengembangan Kantor Urusan Internasional. Kegiatan Joint Summer akan diikuti 60 peserta 45 diantaranya peserta dari Jepang, Brunei Darussalam, Malaysia dan Taiwan, sementara 15 orang dari Indonesia. Kegiatan akan dilaksanakan di Pontianak pada tanggal 28 Agustus s.d 2 September 2018. 

Helman Fachri didampingi Ketua Kantor Urusan Internasional UM Pontianak, Ufi Ruhama, M.Pd ditemui koran ini mengatakan, kegiatan-kegiatan Internasional menjadi program prioritas yang ditetapkan oleh Kemenristek Dikti kepada setiap Perguruan Tinggi. “Kegiatan ini merupakan wujud dan implementasi dari kerjasama (MoU) yang telah dibuat UM Pontianak bersama perguruan tinggi di luar negeri,” katanya yang juga mengatakan bahwa kegiatan Internasional akan meningkatkan reputasi sebuah perguruan tinggi di mata masyarakat. 

Salah satu mahasiswa yang akan berangkat ke Taiwan Abdullah Yamani mengatakan, dirinya tertarik mengikuti kegiatan di Taiwan bertujuan memperkenalkan budaya Kalimantan Barat di Taiwan. “Semoga dengan perjalanan ini saya dapat pengalaman lebih banyak,” kata mahasiswa FKIP semester VIII ini yang juga mengatakan bahwa ia ke Taiwan sekaligus ingin mencari beasiswa disana.

Sementara Nanda Gabriel dan Christy Priscila yang akan berangkat ke India kepada Pontianak Post mengaku ingin menimba pengalaman sehingga tertarik untuk mengikuti program Internasional ke India. “Kami ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris kami sekaligus menambah pengalaman serta tentu ingin mengangkat nama Kampus UM Pontianak di kancah Internasional,”ucap mahasiswa Fikes yang mengaku sudah mahir berbahasa Inggris sejak SMA tersebut.

Sementara UM Pontianak mulai tahun ajaran 2018/2019 sudah mulai proses penerimaan mahasiswa baru. Pendafatran calon mahasiswa baru dapat dilakukan secara on-line melalui website: www.unmuhpnk.ac.id maupun langsung ke kampus UM Pontianak jalan A. Yani no.111 setiap hari pada jam kerja atau di telp (0561) 764571 atau Cp. Ifan Sujana, SE (08115719902) dan Infokom (08115661990).(ags/biz)

Berita Terkait