Presiden Hadiri Sail Karimata

Presiden Hadiri Sail Karimata

  Rabu, 12 Oktober 2016 09:30
LATIHAN: Sejumlah penari berlatih di Pantai Tanjung Datok, Sukadana dalam persiapan perhelatan Sail Selat Karimata. Even ini akan dihadiri Presiden Jokowi, 15 Oktober mendatang. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Perhelatan Festival Sail Karimata tidak lama lagi akan berlangsung. Presiden Joko Widodo pun dijadwalkan hadir dalam even di tanah Kayong ini. “Rencananya Presiden akan hadir,” kata Gubernur Kalbar Cornelis, Selasa (11/10). 

Kendati dihadiri Presiden Jokowi, Cornelis memastikan tidak ada persiapan yang berlebihan untuk menyambut presiden ketujuh Indonesia tersebut. “Presiden maunya keamanan yang biasa saja, tidak berlebihan,” ujarnya. 

Sesuai jadwal, Presiden Joko Widodo terbang dari Jakarta menuju Pontianak pada Jumat (14/10) petang. Jokowi akan menginap selama satu malam di Pontianak. Keesokan harinya, Kamis (15/10) pagi Jokowi terbang ke Kayong Utara menggunakan helikopter.

Kedatangan Jokowi dan Gubernur Kalbar Cornelis akan disambut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Bupati Hildi Hamid. 

Pada kesempatan tersebut Jokowi akan meresmikan Festival Sail Selat Karimata. Ada sejumlah acara selama berlangsungnya Sail Selat Karimata. Salah satunya penanaman tanaman unggulan daerah Kalbar di kawasan pantai Pulau Datok, Desa Sutera, Kecamatan Sukadana. 

Di lokasi ini Jokowi akan melakukan penanaman Jeruk Pontianak sebagai tanaman maskot provinsi dan durian Sukadana sebagai tanaman maskot Kayong Utara. Di hari yang sama juga dilangsungkan pemberian penghargaan kepada pemenang tenun khas Kalimantan Barat oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. 

Cornelis berharap, acara Sail Karimata yang dihadiri Presiden ini bisa membawa nama Kayong menjadi tersohor dengan wisata alamnya. Di acara ini pun, Jokowi dijadwalkan menandatangani prasasti peresmian Masjid Agung Kayong Utara. 

Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid menegaskan bahwa Kabupaten Kayong siap melaksanakan perhelatan Sail Selat Karimata. Acara berlangsung pada 12-15 Oktober. “Sudah 95 persen siap,” kata Hildi Hamid, Selasa (11/10) di Sukadana. 

Hildi menambahkan, rencananya presiden menginap di Sukadana selama satu malam. Selain presiden, sejumlah pejabat tinggi juga akan bermalam di Sukadana, satu di antaranya Kapolri. Sail Selat Karimata bakal dimeriahkan oleh kehadiran para yachter dari berbagai negara. Hingga kemarin, sudah ada 16 yacht yang tiba di Sukadana. “Para Yachter ada dari Meksiko Jerman, Perancis, Amerika, Australia dan berbagai negara lain,” ujarnya.

Dengan adanya Sail Selat Karimata, Hildi berharap bisa memperkenalkan Kayong Utara kepada dunia luar. “Karena banyak yang bertanya Kayong Utara itu di mana? Selain itu dampaknya perhatian pemerintah pusat pun untuk membantu percepatan pembangunan di Kayong Utara,” harapnya. (mse/dan)

Berita Terkait