Prediksi Sepekan Selesai Dibahas

Prediksi Sepekan Selesai Dibahas

  Minggu, 29 July 2018 11:11
PENYERAHAN BA: KPU Kabupaten Mempawah menyerahkan salinan Berita Acara dan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih kepada DPRD Kabupaten Mempawah, kemarin. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Berkas Penetapan Bupati-Wabup Terpilih di DPRD

MEMPAWAH – Ruspandi, sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Mempawah memperkirakan dalam waktu sepekan berkas salinan dari KPU mengenai Berita Acara (BA) dan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih akan selesai dibahas. Apalagi pihaknya memiliki waktu selama 20 hari sebelum menyerahkan berkas salinan tersebut itu kepada Mendagri melalui Gubernur Kalbar. 

 “Insyaallah dalam waktu sepekan ini berkas salinan dari KPU akan kita bahas dan dirampungkan untuk ditindaklanjuti ke Gubernur. Berkaitan dengan pelantikan, kita menunggu keputusan dari Gubernur,” pungkasnya.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah menyerahkan salinan Berita Acara (BA) dan Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih hasil pelaksanaan Pilkada 2018 kepada DPRD Mempawah. Salinan tersebut diserahkan langsung Ketua KPU Muhammad Agoes Susanto kepada Sekwan. Sebagaimana diketahui jika KPU Kabupaten Mempawah telah menetapkan Erlina dan Muhammad Pagi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih.

“Penyerahan BA dan salinan keputusan KPU tentang penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah Terpilih kepada DPRD menindaklanjuti PKPU nomor 09 tahun 2018 pasal (62),” terang Agoes Susanto, ketua KPU Mempawah. Sebab, jelas Agoes, sesuai ketentuan pasal 63 ayat (4) menyebutkan KPU kabupaten/kota harus menyerahkan berkas salinan penetapan kepada DPRD paling lambat 1 hari setelah rapat pleno penetapan KPU.

“Selanjutnya, DPRD Kabupaten Mempawah memiliki waktu selama 20 hari ke depan untuk menindaklanjuti BA dan salinan keputusan itu untuk diserahkan kepada Mendagri melalui Gubernur Kalbar,” sebutnya.

Pada UU 10 tahun 2016 ayat (2), lanjut Agoes, dalam hal DPRD Kabupaten/Kota tidak menyampaikan usulan pengesahan dan pengangkatan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih kepada Mendagri melalui Gubernur dalam jangka waktu lima hari kerja setelah penetapan KPU, maka Mendagri melalui Gubernur mengesahkan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati melalui pengesahan KPU.

“Maka setelah penyerahan ini, selesailah tugas dan tanggungjawab KPU Kabupaten Mempawah dalam pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2018. Selanjutnya, kita tinggal menunggu pelaksanaan pelantikan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah terpilih,” sebutnya.

Sekwan Ruspandi pun membenarkan jika pihaknya telah menerima BA dan salinan keputusan dari KPU Kabupaten Mempawah, terkait penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mempawah terpilih hasil Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Mempawah. “Berkas keputusan KPU ini akan kami serahkan kepada pimpinan DPRD Mempawah. Selanjutnya, pimpinan akan melaksanakan rapat pembahasan bersama Banmus untuk membuat jadwal agar berkas ini ditindaklanjuti sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,” janjinya. (wah)

Berita Terkait