The Power of Movie Trailer

The Power of Movie Trailer

  Kamis, 13 December 2018 09:45

Berita Terkait

TRAILER Avengers: Endgame yang baru aja dirilis pada 7 Desember mencatat pencapaian fantastis sepanjang sejarah, trailer ini dilihat sebanyak  289 juta kali dalam waktu 24 jam setelah dirilis. Zetizen yakin kamu pasti jadi salah satu dari jutaan viewers tersebut. Hal ini membuktikan bahwa trailer juga sangat ditunggu dari sebuah film sebelum tayang di bioskop. Betapa pentingnya trailer dalam suatu produksi film. 

Trailer adalah istilah dalam dunia perfilman yang berisi informasi film seperti plot cerita, pemeran, sutradara, produser dan waktu tayang film tersebut. Gabungan dari setiap cuplikan film akan dikemas semenarik mungkin dalam video berdurasi singkat.

 “Selain sebagai bentuk promosi, trailer juga berfungsi untuk memberikan gambaran kepada penonton mengenai film tersebut,” jelas Yudhi Afriadi.

Salah satu penggarap film Kalimantan Barat yang sudah berkecimpung sejak dua tahun belakangan ini dengan lantang menyatakan pentingnya keberadaan trailer film. Terlebih zaman sekarang sudah tak dapat dipisahkan dari teknologi internet. Tentu sangat mudah menyentuh para penonton dan penikmat film dengan promosi dalam bentuk sebuah trailer di berbagai media sosial.

Meskipun durasinya pendek, pembutan trailer nggak bisa sembarangan, guys! Justru karena durasinya pendek inilah menjadi PR besar buat penggarap film bagaimana cara membuat trailer yang menarik tanpa mengurangi muatan wajib yang harus ada dalam trailer. Trailer yang baik adalah trailer yang bisa menjalankan fungsi dan tugas trailer itu sendiri.

“Sebuah trailer yang mampu membuat penonton penasaran dengan alur ceritanya dan ingin segera menyaksikan filmnya adalah contoh trailer yang baik,” cuap Yudhi, asisten sutradara dalam film Angel - Sudut & Malaikat dan My Darling Manekutahu!!! (Borneo Local Movie).

So, trailer yang menarik itu penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan trailer. Seperti pentingnya peran D.O.P (Director Of Photography) dalam menciptakan sudut-sudut pengambilan gambar yang menarik dan kepiawaian seorang sutradara dalam menjahit adegan per adegan, mengkhususkan bagian mana saja yang akan dijadikan sebuah trailer.

Pilihlah adegan-adegan yang paling menonjol dalam film, cari yang bisa jadi daya tarik. Selain itu menurut Yudhi, proses editing trailer mencakup pemilihan gaya dan bentuk huruf pada judul dalam sebuah trailer juga berpengaruh besar, loh! Hal ini berfungsi sebagai penggambaran karakter dari film tersebut.

“Intinya kepiawaian dan kerja sama antara crew pada saat pembuatan trailer sangat penting. Soal selera biasanya beragam. Jadi pada saat proses pembuatan trailer, editor perlu diskusi dengan sutradara dan crew lain,” pungkas cowok kelahiran Ketapang, 23 April 1993 ini. (dee)

 

Berita Terkait