Poltesa Fasilitasi Pemanfaatan Sistem Administrasi Desa

Poltesa Fasilitasi Pemanfaatan Sistem Administrasi Desa

  Kamis, 7 March 2019 09:25
BERSAMA TIM: Ellys Mei Sundari S Pd M Si dan Lang Jagat S Si MT bersama timnya. | Istimewa

Berita Terkait

Berbasis Open Source di Desa Sumber Harapan

SAMBAS - Desa sebagai bagian dari unsur pemerintahan, merupakan unit layanan yang secara langsung bersentuhan dan memberikan pelayanan pada masyarakat di level paling bawah. Dalam memberikan pelayanan tersebut, pemerintah desa dituntut optimal. Dengan beberapa keterbatasan yang ada, pemerintah desa dan masyarakat dituntut kreatif dan melakukan inovasi di desa. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan di era digital dan teknologi informasi sekarang ini, adalah memanfaatkan layanan masyarakat berbasis IT.

Untuk memfasilitasi alih teknologi tersebut, Tim Pengabdian Politeknik Negeri Sambas yang dimotori oleh Lang Jagat S Si MT dan Ellys Mei Sundari S Pd M Si, berkolaborasi dengan Pemerintah Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas dalam hal pemanfaatan sistem informasi desa, yang bisa dimanfaatkan untuk menangani masalah terkait administrasi dan database desa. Sistem informasi yang ditawarkan adalah openSID, ini merupakan Sistem Informasi Desa (SID) yang dirancang dan dikembangkan menggunakan prinsip opensource (terbuka) oleh komunitas peduli SID. "Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sistem olah data dan informasi berbasis komputer yang dapat manfaatkan oleh pemerintah dan komunitas desa baik secara offline maupun online. Ketika SID akan optimal jika terhubung ke Internet sebagai sistem online berbasis web. SID online akan otomatis berfungsi juga sebagai website des," jelas Ellys.

Masih menurut Ellys, kegiatan Pengabdian yang dilakukan ditujukan untuk membantu aparat pemerintah desa dalam mengelola data dan administrasi persuratan yang terdapat di desa secara terintegrasi berbasis sistem informasi dengan memanfaatkan teknologi web dan internet sehingga mampu mengoptimalkan pengelolaan data desa. "Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain tahapan pengembangan aplikasi OpenSID, Instalasi OpenSID di desa, sosialisasi dan Pelatihan pengoperasian Aplikasi," katanya lagi. Ellys bersama tim pengabdian berharap program pengabdian ini terus berkelanjutan sehingga Operator desa dan Aparatur yang terdapat di desa mampu memanfaatkan Sistem ini secara mandiri dan berkelanjutan, dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.(fah)

Berita Terkait