Polsek Kuala Behe menyiapkan kendaraan dan peralatan untuk menghadapi karhutla

Polsek Kuala Behe menyiapkan kendaraan dan peralatan untuk menghadapi karhutla

  Senin, 30 July 2018 10:20
SIAP: Polsek Kuala Behe menyiapkan kendaraan dan peralatan untuk menghadapi karhutla pada puncak kemarau tahun ini. ISTIMEWA

Berita Terkait

NGABANG – Guna melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polsek Kuala Behe berbagai cara dilakukan. Salah satunya dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran (Damkar).

"Dalam upaya penangganan Karhutla, kita telah menyusun persiapan, baik personel maupun sarana dan prasarana yang dipergunakan oleh anggota apabila terjadi Karhutla, " ujar Kapolsek Kuala Behe Ipda Hertomo, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Polsek Kuala Behe sudah menyiapkan alat Damkar berupa motor dinas yang dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran mesin penyedot air. Alat Damkar itu juga dilengkapi dengan selang penyedot air dan selang penyemprot air.

"Kapan saja diperlukan motor itu, anggota kita selalu siap memadamkan api dilahan yang terbakar. Alat Damkar inipun selalu standby di Mako Polsek Kuala Behe, temasuk bahan bakar Ranmor dan mesin damkar selalu kita siapkan," kata Ipda Hertomo.

Selain menyiapkan peralatan Damkar, pencegahan karhutla juga dilakukan secara persuasif. Yakni, dengan mendatangi warga terutama mereka yang berprofesi sebagai petani untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. 

Untuk mencegah terjadinya Karhutla yang lebih luas, Kapolsek Kuala Behe Ipda Hertomo melalui Bhabinkamtibmas dimasing-masing desa supaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla. Melalui sambang desa, masing-masing bhabinkamtibmas memberikan imbauan Kamtibmas berupa bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat

"Karhutla bisa saja terjadi seperti musim kemarau sekarang ini. Oleh karena itu hal ini perlu diwaspadai," pinta kapolsek. (mif)

Berita Terkait