Polres Pastikan Penghitungan Suara di PPK Aman

Polres Pastikan Penghitungan Suara di PPK Aman

  Jumat, 26 April 2019 10:37
GESER LOGISTIK: Logistik Pemilu PPK yang sudah menyelesaikan tahapan rekapitulasi lalu diantarkan ke KPU Kota Singkawang ISTIMEWA

Berita Terkait

SINGKAWANG -- Polres Singkawang memastikan jika rekapitulasi dan perhitungan suara Pilpres dan Pileg yang masih berlangsung di tingkat kecamatan (PPK) dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Sampai sekarang pun situasi Kota Singkawang masih dalam keadaan aman dan kondusif pasca pemungutan suara Pemilu, Rabu (17/4) lalu," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi, Kamis (25/4).

Untuk tahapan rekapitulasi dan perhitungan suara di tingkat PPK yang sudah selesai baru Kecamatan Singkawang Timur dan Utara. “Saat logistik kotak dan surat suara dari Kecamatan Singkawang Timur dan Utara sudah digeser ke Kantor KPU Singkawang dengan pengawalan pihak kepolisian,” ujarnya.

Sedangkan untuk tiga kecamatan lainnya seperti tengah, barat dan selatan proses rekapitulasi dan perhitungan suara hingga saat ini masih berlangsung. Kapolres menambahkan, dalam proses rekapitulasi dan perhitungan suara di tingkat kecamatan pihaknya selalu melibatkan personel keamanan baik dari TNI maupun Polri. 

Bahkan masing-masing Kapolsek di lima kecamatan juga sudah diinstruksikan untuk hadir mengawasi jalannya plano di wilayahnya masing-masing agar dapat berjalan dengan aman dan lancar. "Apabila ada oknum yang coba-coba berani mengganggu kegiatan tersebut, kita tak segan-segan memberikan tindakan tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku," jelasnya.

Secara terpisah, Ketua KPU Singkawang, Riko mengatakan, sampai saat ini sudah ada dua kecamatan yang sudah selesai melakukan rekapitulasi dan perhitungan suara. "Dua kecamatan itu adalah Singkawang Timur dan Utara. Sedangkan tiga kecamatan lainnya seperti Selatan, Barat dan Tengah masih dalam proses rekapitulasi dan perhitungan suara," katanya.

Jika semua kecamatan sudah selesai, maka akan pihaknya undang untuk menghadiri rekapitulasi dan perhitungan suara di tingkat kota yang Insya Allah akan dilaksanakan pada Minggu (28/4). Dia memprediksikan, tiga kecamatan yang masih dalam proses rekapitulasi dan perhitungan akan selesai paling lambat hari Sabtu (27/4).

"Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat, supaya proses rekapitulasi dan perhitungan suara di tiga kecamatan ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti, terlebih seluruh mekanisme sudah kami jalankan dengan baik," ujarnya. (har)

Berita Terkait