Polres Lakukan Patroli Bersenjata

Polres Lakukan Patroli Bersenjata

  Senin, 22 April 2019 11:28
SIAGA: Personel Sabhara Polres Landak menggelar patroli bersenjata pada Sabtu (20/4) malam. ISTIMEWA

Berita Terkait

Pengamanan Jelang Pleno 

NGABANG – Sabhara Polres Landak Melaksanakan patroli bersenjata di sekitara kota Ngabang pada Sabtu (20/4) malam. Kasat Sabhara Polres Landak IPTU Joko prakoso memerintahkan anggotanya untuk melaksanakan patrol bersenjata di malam hari untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas jelang pleno KPU penghitungan suara di Kecamatan.

“Mengingat Polres Landak dalam kondisi siaga 1 ( satu )pada khususnya dan Polri pada umumnya Sabhara akan melaksanakan patroli malam hari, tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas diwilayah hukum Polres Landak, karena lebih baik kita bekerja keras dengan usaha preventif dari pada kita harus melakukan tindakan represif kelak,” Ujar IPTU Joko Prakoso.

Patroli ini, menurutnya merupakan upaya preventif yang dilakukan Sabhara guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas sehingga menciptakan suasana yang aman dan kondusif. Mengingat situasi di daerah lain yang memanas setelah pemilu, untuk itu sabhara hadir di tengah tengah masyarakat untuk memastikan bahwa situasi dan kondisi di wilayah hukum polres landak aman dan kondusif.

“Diharapkan dengan adanya partoli ini dapat mencegah terjadinya gangguan kamtibmas mengingat pemilu baru saja usai dilaksanakan pasti akan banyak kejadian kejadian yang dapat mengancam situasi kamtibmas seperti curas,curat,perbuatan tidak menyenangkan bahkan beredarnya berita Hoaks. Hal hal seperti itu masti tidak kita inginkan untuk itu sabhara lakukan patroli preventif,” katanya.

Koordinasi Polsek dan PPK

Sementara itu di Mandor, Setelah melaksanakan Apel siaga dihalaman Kantor Kepolisian Sektor Mandor, Kapolsek Mandor Iptu Anuar Syarifudin Bersama Personilnya melakukan pengecekan Sekretariat PPK Kecamatan Mandor di Desa Mandor Kecamatan Mandor Kabupaten Landak, Minggu (21/4).

Kapolsek mengatakan, kegiatan hari itu adalah untuk mengetahui  Situasi kondisi keamanan, kesiapan, kekuatan Personil yang melaksanakan Pengamanan di Sekretariat PPK Kecamatan Mandor pada H+4 Pemilu. Dari sana dapat disimpulkan bahwa pengamanan di Sekretariat PPK Kecamatan Mandor lengkap. “Baik dari Personil TNI, Panwas, PPK Kecamatan dan situasi aman," tuturnya.

Kapolsek meminta kepada Personil yang melaksanakan tugas Pengamanan di Sekretariat PPK Kecamatan Mandor baik Polri, TNI, Panwas, dan PPK untuk tetap waspada dan siaga jangan sampai ada pihak lain yang akan menggangu keamanan kotak dan surat suara yang berada di sektetariat PPK Kecamatan Mandor Pesan Kapolsek Mandor.

Ia menyampaikan, menjelang Rapat Pleno, personel Polsek bersama Koramil akan meningkatkan Pengamanan di lokasi sidang Pleno tersebut. Selain dari pada itu apabila sidang Rapat Peleno sudah selesai maka Pihak Kepolisian Sektor Mandor, TNI (Koramil) Mandor dan Komisi lainnya akan melaksanakan Pengawalan Surat Suara dari PPK Kecamatan Mandor ke Kantor KPU Kabupaten landak.

“Kami berharap semoga dalam sidang Rapat Peleno penghitungan suara yang rencana akan dilaksanakan pada hari  Senin Tanggal 22 sampai selesai berjalan dengan aman lancar dan kondusif tidak ada permasalahan dan situasi tetap aman," ucapnya.

PPK Siap Pleno

Di Kecamatan Air Besar, setelah dilakukan pemungutan suara dari PPS Desa Sekecamatan Air Besar maka kotak suara dari PPS kembali ke PPK kecamatan Sabtu (20/4) malam. Ketua PPK Air Besar Nikodemus mengatakan bahwa Kotak suara dari  PPS seluruhnya sudah tiba di PPK Air Besar Pergeseran kotak suara dari PPS ke PPK dilakukan pengawalan oleh Personil TNI-Polri dan Linmas yang malaksanakan pengamanan di TPS.

“Kotak suara dari PPS sudah kembali semua di PPK Air Besar dan di rencana akan melaksanakan  Pleno Kecamatan Air Besar pada senin tanggal 22 April 2019," tutur Demus 

Ia menambahkan, selama distribusi tidak ditemukan hambatan yang dapat mengganggu jalannya pemilihan. Pihaknya pun telah siap melaksanakan pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. “Tim selalu kompak dan solid sama-sama turun ke lapangan. Dan merasa Aman dan Nyaman karena Camat dan Unsur nya serta dari kepolisian dan TNI,” ujarnya. (mif)

Berita Terkait