Polres Imbau Warga Laporkan Kawasan Rawan Kecelakaan Lalulintas

Polres Imbau Warga Laporkan Kawasan Rawan Kecelakaan Lalulintas

  Sabtu, 9 June 2018 10:22

Berita Terkait

JIKA ada titik rawan kecelakaan (laka) air, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi meminta agar menyampaikannya kepada instansi terkait. Pesan tersebut disampaikan Kapolres ketika melakukan berbicara di hadapan motoris speedboat angkutan umum di dermaga sungai Kapuas Putussibau, Rabu (6/5).

“Dimana titik-titik rawan yang perlu dipasang rambu-rambu, itu sampaikan. Kita juga ada Pol Airud yang bertugas mengawasi lalu lintas sungai, jadi kita siap turun. Jadi semua punya tanggung jawab,” tegas Kapolres dalam pengecekan armada angkutan sungai tersebut bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas Hulu Abdul Halim.

Kapolres menjelaskan bahwa pengecekan kendaraan sungai tersebut dilakukan mereka dalam rangka menghadapi arus mudik perayaan Idulfitri. Pengecekan ini, menurut dia, sangat penting, apalagi arus angkutan sungai di wilayah Kapuas Hulu cukup ramai. “Mungkin dulu lalu lintas sungai kurang diperhatikan, sekarang kita tidak ingin ada insiden, maka kita perlu antisipasi. Kami mengimbau para motoris agar memperhatikan keselamatan penumpang. Selama ini mungkin aman-aman saja, tetapi ketika kejadian kita sulit berbuat apa apa,” papar Kapolres.

Bahkan Kapolres menyarankan, baik motoris maupun penumpang harus dilengkapi dengan pelampung atau lifejacket. Untuk keselamatan juga, Kapolres mengimbau motoris tidak membawa muatan melebihi kapasitas.

Kapolres juga menanggapi persoalan banyaknya pukat yang terpasang tidak beraturan, sehingga menggangu aktivitas lalu-lintas sungai. Untuk yang satu ini, menurut dia, perlu dikoordinasikan dengan masyarakat diwilayah desa yang dilewati. “Masalah pukat ini kita koordinasikan dengan kades, kita melalui polsek-polsek akan sampaikan ke kecamatan, karena jalur sungai ini merupakan lalu lintas umum. Jadi kita harus bersinergi,” kata Kapolres.

Setelah melakukan ramp check untuk angkutan darat, Dishub bekerja sama dengan Polres melakukan pengecekan armada angkutan sungai. Pengecekan tersebut untuk memastikan kelayakan armada beserta motorisnya pada lalu lintas sungai yang cukup padat menjelang mudik lebaran. Selain itu, hal tersebut dilakukan mereka lantaran angkutan sungai masih menjadi akses utama beberapa kecamatan seperti Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Selimbau, Jongkong, dan Suhaid. (aan)

 

Berita Terkait