Polisi Patroli Bersepeda

Polisi Patroli Bersepeda

  Rabu, 28 September 2016 09:30
PATROPLI: Dua anggota Satuan Shabara Polres Mempawah sedang melaksanakan patroli bersepeda di Kota Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Polres Mempawah terus berupaya meningkatkan kinerja pelayanan masyarakat diwilayah hukumnya. Salah satu bentuk pelayanan itu dengan melaksanakan patroli bersepeda. Melalui kegiatan patroli bersepeda, polisi lebih dekat dan akrab dengan masyarakat dan lingkungannya.

“Biasanya anggota (polisi) berpatroli menggunakan mobil atau sepeda motor. Maka kita coba gunakan kendaraan sepeda, agar kegiatan patroli semakin efektif dan efisien,” terang Kasat Sabhara Polres Mempawah, AKP Arifin Harahap, Selasa (27/9) di Mempawah.

Arifin mengatakan, patroli sepeda memang kurang efektif jika dalam kondisi emergency atau memerlukan penanganan yang cepat. Namun, patroli bersepeda memudahkan petugas agar lebih detail mengawasi dan mengontrol setiap lingkungan masyarakat yang dilalui dalam rute patroli tersebut.

“Jika menggunakan mobil atau motor, kita kurang detail memperhatikan lingkungan masyarakat. Makanya, menggunakan sepeda ini petugas bisa lebih teliti melihat situasi kamtibmas di setiap lingkungan pemukiman yang dilaluinya. Dengan begitu, patroli akan semakin efektif,” pendapatnya.

Selain itu, sambung Kasat, kegiatan patroli bersepeda dimaksudkan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat. Sehingga diharapkan mampu terjalin keakraban, komunikasi dan silahturahmi yang baik antara petugas dan warga.

“Ini sebagai bentuk pengayoman polisi kepada masyarakat. Makanya, kita menekankan setiap petugas selalu mengedepankan sikap humanis dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Pada akhirnya akan tercapai tujuan terciptanya polisi yang dicintai oleh masyarakat,” ujarnya. 

Melalui kegiatan patroli bersepeda itu, Kasat berharap dapat meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres Mempawah. Mengingat, menjaga stabilitas kamtibmas sangat penting untuk menunjang kelancaran aktivitas masyarakat sehari-hari.

“Jika situasi kamtibmas sudah baik dan terkendali, masyarakat pun nyaman beraktifitas tanpa ada rasa khawatir dan takut terhadap ancaman kriminalitas. Makanya, semaksimal mungkin kami akan meningkatkan pengawasan terhadap kamtibmas dilingkungan masyarakat,” tegasnya mengakhiri.(wah)

Berita Terkait